Konseling Islam dengan Mindfulness Based Cognitive Therapy dalam Mengurangi Academic Burnout pada Seorang Remaja SMA di Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Riwandah Kusuma (2022) Konseling Islam dengan Mindfulness Based Cognitive Therapy dalam Mengurangi Academic Burnout pada Seorang Remaja SMA di Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riwandah Kusuma Dewi_B93218161.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian pada penelitian kali ini adalah (1) Bagaimana proses Konseling Islam Dengan Mindfulness Based Cognitive Therapy untuk mengurangi academic burnout seorang remaja SMA di Tuban? Dan (2) Bagaimana hasil Konseling Islam Dengan Mindfulness Based Cognitive Therapy untuk mengurangi academic burnout seorang remaja SMA di Tuban? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penyajian data yang digunakan berupa deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara dan observasi, untuk analisis data menggunakan komparatif yakni membandingkan proses layanan konseling antara teori dengan lapangan. Hasilnya adalah membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah proses konseling menggunakan Mindfulness Based Cognitive Therapy. Penelitian ini melalui proses tahapan berupa identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, dan follow up. Kesimpulan dari penelitian Konseling Islam dengan Mindfulness Based Cognitive Therapy untuk mengurangi academic burnout remaja SMA di Tuban adalah treatment ini cukup efektif dikarenakan terdapat perubahan dalam konseli yaitu konseli kini sudah berkurang kejenuhannya dan menjadi pribadi yang lebih tenang dan dapat memandang banyak hal dengan lebih rasional tanpa berkespektasi terlalu tingga, konseli pun kini dapat lebih fokus dalam melaksanakan kegiatan sehariharinya terutama kegiatan sekolah dan terjadi peningkatan nilai dalam mata pelajarannya daripada sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Riwandah Kusumawandawa071@gmail.comB93218161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, Mierrinasignal2mandiri@gmail.com2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Terapi
Keywords: konseling Islam; mindfulness based cognitive therapy; academic burnout; Remaja SMA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Riwandah Kusuma Dewi
Date Deposited: 24 May 2022 02:37
Last Modified: 24 May 2022 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51915

Actions (login required)

View Item View Item