Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat dan hasil belajar matematika pada peserta didik MI Nahdlatul Ulama Ngingas di masa pandemi covid-19.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umroh, Lailatul (2022) Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat dan hasil belajar matematika pada peserta didik MI Nahdlatul Ulama Ngingas di masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Suabaya.

[img] Text
Lailatul Umroh_D97217098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akibat penyebaran penularan wabah virus Covid-19 membuat diberlakuakannya pembelajaran jarak jauh. Seiring berjalannya waktu, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menimbulkan dampak bagi peserta didik, pembelajaran yang kurang efektif, pendidik tidak mengetahui seberapa besar minat belajar peserta didik, kekhawatiran pendidik terhadap hasil belajar bukanlah hasil murni peserta didik. oleh karena itu, peneliti meneliti pengaruh pembelajaran daring terhadap minat dan hasil belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika pada peserta didik MI Nahdlatul Ulama Ngingas di masa pandemi Covid-19. 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik MI Nahdlatul Ulama Ngingas di masa pandemi Covid-19. Peneliti menggunakan salah satu metode penelitian eksperimen yaitu quansi experimental design. Sedangkan bentuk design quansi experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest - posttest design. Pada desain one group pretest - posttest design diberikan perlakuan sebelumnya. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB MI Nahdlatul Ulama Ngingas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu instrumen angket untuk meneliti variabel minat belajar, dan instrumen tes untuk mengukur variabel hasil belajar. Berdasarkan uji paired sample t-test hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)pembelajaran daring berpengaruh terhadap minat belajar matematika peserta didik kelas IVB MI Nahdlatul Ulama Ngingas. Pada variabel dependen minat belajar sebelum dan sesudah diberi perlakuan diperoleh Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IVB MI Nahdlatul Ulama Ngingas. Perolehan uji hipotesis hasil belajar pada instrumen pretest dan posttest diketahui nilai sig (2-tailed) 0,004 < 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umroh, Lailatullailatulumroh761@gmail.comD97217098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pembelajaran daring; minat belajar; hasil belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lailatul Umroh
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:17
Last Modified: 14 Feb 2022 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51936

Actions (login required)

View Item View Item