Pengaruh effective media parenting terhadap balanced use Of technology siswa usia Tk - Sd

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Devi (2022) Pengaruh effective media parenting terhadap balanced use Of technology siswa usia Tk - Sd. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Oktaviani_H76217055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 membuat kebijakan belajar dari rumah atau learn from home yang berisi kegiatan belajar mengajar dilaksanakan melalui online agar bisa memutus penyebaran wabah Covid-19 Menurut Karnawati et al (Noor Baiti, 2020). Dalam pelaksaanaan pembelajaran daring bagi anak usia 5 hingga 12 tahun atau bagi anak yang berada pada jenjang TK hingga SD membutuhkan peran orang tua untuk mengurangi risiko-risiko cyber yang sangat bervariasi, seperti cyberbullying dan victimization. DQ Institute mempunyai konsep Micro Badge pada poin Balanced Use of Technology (Penggunaan Teknologi yang Seimbang) yang mempersiapkan masa depan anak yang ditopang oleh dukungan dari orang tua sehingga anak menjadi lebih mandiri dan mempunyai keterampilan digital yang baik untuk masa depan. Teori tentang model Pengasuhan yang Efektif dikenalkan oleh banyak pihak, salah satunya adalah pendekatan ABC’s (Age-Appropriate Access, Balance, dan Content Restricted). Penelitian ini melakukan pengukuran terhadap hubungan antara metode Effective Media Parenting berdasarkan model pendekatan ABC's dengan Micro Badge Balanced Use of Technology. Responden yang digunakan adalah orangtua yang memiliki anak usia TK - SD di wilayah kota Surabaya.Terkumpul 379 responden yang kemudian datanya diolah menggunakan SmartPLS. Berdasarkan hasil riset diperoleh bahwa variabel Effective Media Parenting terbukti mempengaruhi Micro Badge Balanced Use of Technology dengan t-statistik bernilai 23,383 dan p-value bernilai 0,000 sehingga dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Devioktaviadevi2710@gmail.comH76217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Orang tua dan Anak
Keywords: Balance Use of Technology; digital intelligence; effective media parenting.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: DEVI OKTAVIANI
Date Deposited: 14 Feb 2022 12:32
Last Modified: 14 Feb 2022 12:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51946

Actions (login required)

View Item View Item