Analisis kesalahan penalaran proporsional dan pemberian Scaffolding dalam penyelesaian masalah perbandingan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Nur Lailatul (2022) Analisis kesalahan penalaran proporsional dan pemberian Scaffolding dalam penyelesaian masalah perbandingan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailatul Azizah_D04217021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui letak, jenis kesalahan menurut teori Nolting serta faktor penyebab kesalahan penalaran proporsional dalam menyelesaikan masalah perbandingan, bentuk scaffolding yang diberikan untuk mengurangi kesalahan, serta kemampuan penalaran proporsional peserta didik setelah pemberian scaffolding. Terdapat 3 komponen dalam penalaran proporsional, yaitu memahami kovariasi, berpikir relatif, dan mengetahui alasan penggunaan konsep proporsional. Peneliti mengambil subjek dari peserta didik yang melakukan kesalahan pada 3 komponen proporsional. Setelah itu dilakukan pemberian scaffolding sesuai dengan kesalahan yang telah dilakukan.Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan penelitian dilaksanakan di kelas VII-I SMP Nurul Jadid, Probolinggo yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis tertulis 1 (sebelum pemberian scaffolding), tes wawancara dan tertulis 2 (setelah pemberian scaffolding). Diambil 3 subjek yang melakukan kesalahan pada 3 komponen penalaran proporsional untuk diwawancarai dan diberi scaffolding serta tes tertulis 2 (setelah pemberian scaffolding). Hasil tes tertulis dan wawancara dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Terdapat 3 level scaffolding yaitu level 1 environmental provissions, level 2 explaining, reviewing, and restructuring, dan level 3 developing conceptual thinking.Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa mayoritas peserta didik melakukan kesalahan penalaran proporsional pada: (1) letak kesalahan penalaran proporsional yaitu tidak memahami hubungan antar kuantitas, tidak bisa membuat model matematika dan salah dalam menyelesaikan perhitungan. (2) jenis kesalahan penalaran proporsional yaitu kesalahan kecerobohan, kesalahan konsep, kesalahan aplikasi, dan kesalahan arah baca. (3) faktor penyebab terjadinya kesalahan penalaran proporsional yaitu kurangnya pemahaman pada materi inti dan prasyarat dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal. (4) bentuk scaffolding yang diberikan pada komponen memahami kovariasi yaitu level 2 reviewing dan level 1 environmental provisions. Pada komponen berpikir relatif yaitu level 2 explaining. Pada komponen mengetahui alasan penggunaan ide proporsional yaitu level 3 developing conceptual thinking, dan level 2 explaining. (5) Sebelum pemberian scaffolding ketiga subjek melakukan kesalahan pada tiga komponen, setelah pemberian scaffolding dua subjek tidak melakukan kesalahan lagi, namun ada satu subjek yang melakukan kesalahan pada ketiga komponen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Nur Lailatullail.zizah99@gmail.comD04217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Pendidikan
Keywords: Scaffolding; kesalahan penalaran proporsional; perbandingan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Lailatul Azizah
Date Deposited: 14 Feb 2022 10:39
Last Modified: 14 Feb 2022 10:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51949

Actions (login required)

View Item View Item