Fungsi badan usaha milik desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dalam tinjauan teori fungsionalisme struktural Robert King Merton

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Sofi Indra (2022) Fungsi badan usaha milik desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dalam tinjauan teori fungsionalisme struktural Robert King Merton. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofi Indra Kurniawati_I03218020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisa pada fungsi BUMDesa Pemaring dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Drajat hal ini dikarenakan semenjak keberadaan BUMDesa Pemaring di desa Drajat sebagai awal dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu skripsi ini juga memiliki tujuan untuk menganalisa sejauh apa fungsi BUMDesa Pemaring dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta dampak yang ditimbulkan dengan keberadaan BUMDesa Pemaring di desa Drajat. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Fungsionalisme Struktural Robert King Merton. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) fungsi dari BUMDesa Pemaring yang nampak bukan hanya sebatas dalam mensejahterakan masyarakat saja namun dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat fungsi lain yang muncul baik fungsi manifest seperti keberadaan BUMDesa Pemaring dapat mengembangkan potensi yang ada didesa untuk kepentingan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat desa, selain itu adapula fungsi laten seperti tumbuhnya rasa percaya masyarakat desa dengan perangkat desa Drajat, menjadikan masyarakat lebih kreatif selain itu ditemukan juga disfungsi yaitu adanya perubahan perilaku masyarakat desa (2) keberadaan BUMDesa Pemaring juga memberikan dampak positif bagi masyarakat desa Drajat diantaranya adalah mencipatakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan masyarakat dan dengan adanya BUMDesa Pemaring masyarakat lebih dimudahkan dalam menjalani kehidupan mereka sehari-hari. Sedangkan untuk dampak negatifnya adalah masyarakat mulai merasa bergantung dengan BUMDesa dan meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Sofi Indrasofibuchori123@gmail.comI03218020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsito--2009025901
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Keywords: Fungsi; BUMDesa; Kesejahteraan Mayarakat.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Sofi Indra Kurniawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:09
Last Modified: 15 Feb 2022 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51986

Actions (login required)

View Item View Item