Pengaruh GCG, DPS, dan CSR terhadap kinerja Perbankan dengan Mediasi Sharia Compliance pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Usdeldi, Usdeldi (2022) Pengaruh GCG, DPS, dan CSR terhadap kinerja Perbankan dengan Mediasi Sharia Compliance pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2019. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Usdeldi_F53318021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia untuk memperkuat kinerja perbankan syariah guna meningkatkan peran dalam perekonomian nasional. Salah satu faktor yang memengaruhi kinerja perbankan syariah yaitu Good Corporate Governance (GCG), Dewan Pengawas Syariah (DPS), dan Corporate Social Responsibility (CSR). Umumnya para peneliti menguji pengaruh langsung ketiga variabel ini terhadap kinerja keuangan dengan hasil yang tidak konsisten.Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh GCG, DPS, dan CSR terhadap kinerja keuangan dan kinerja maqashid syariah melalui sharia compliance. Disamping itu juga untuk menguji pengaruh langsung GCG, DPS, dan CSR terhadap kinerja keuangan dan kinerja maqashid syariah pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia.Data diperoleh dari laporan tahunan bank umum syariah di Indonesia yang telah dipublikasikan pada periode 2014-2019 dengan menggunakan data panel. Data dianalisis dengan regresi berbasis Structural Equation Modeling dengan aplikasi SmartPLS 3.34 untuk menguji model struktural dan hipotesis penelitian.Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan sharia compliance meningkatkan pengaruh GCG dan CSR terhadap kinerja maqashid syariah, namun sebaliknya menurunkan pengaruh GCG dan CSR terhadap kinerja keuangan. Akan tetapi penerapan sharia compliance tidak berdampak pada pengaruh DPS terhadap kinerja keuangan maupun kinerja maqashid syariah.Kontribusi penelitian, secara konsep untuk menegaskan pengaruh GCG dan CSR terhadap kinerja keuangan dan kinerja maqashid syariah dengan mediasi sharia compliance. Implementasi praktisnya, pengambil kebijakan menerbitkan regulasi untuk pengungkapan dimensi GCG, DPS, CSR, dan sharia compliance dalam laporan tahunan BUS. Selanjutnya pengambil kebijakan dapat menginisiasi konsep pengukuran kinerja perbankan syariah yang terintegrasi antara pengukuran kinerja keuangan kinerja maqashid syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Usdeldi, Usdeldiusdeldi@gmail.comF53318021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.co2017085003
Thesis advisorAhsan, Mohamadmacgumay@gmail.com ; m.ahsan@uinsby.ac.id2021066802
Subjects: Keuangan Islam
Keywords: Good Corporate Governance; Dewan Pengawas Syariah; Corporate Social Responsibility; Sharia Compliance; Kinerja Perbankan Syariah.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Usdeldi Usdeldi
Date Deposited: 18 Feb 2022 20:28
Last Modified: 18 Feb 2022 20:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52033

Actions (login required)

View Item View Item