Hubungan program Sekolah Adiwiyata dengan kemampuan literasi lingkungan peserta didik di SMP Negeri 2 Saronggi Kab.Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafitri, Ananda Devia Ayu (2022) Hubungan program Sekolah Adiwiyata dengan kemampuan literasi lingkungan peserta didik di SMP Negeri 2 Saronggi Kab.Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Devia Ayu Syafitri_D03217004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel, yaitu variabel program sekolah adiwiyata dan variabel kemampuan literasi lingkungan peserta didik. Objek penelitian ini ialah SMP Negeri 2 Saronggi Kab.Sumenep dengan jumlah responden penelitian adalah 68 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan bentuk pilihan menggunakan skala likert untuk variabel program sekolah adiwiyata dan Middle School Environmental Literacy Survey (MSELS) untuk variabel kemampuan literasi lingkungan peserta didik. Setelah angket terkumpul maka peneliti melakukan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus cronbach alpha. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dimana dalam analisis tersebut terdapat uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil presentase dari Program Sekolah Adiwiyata memperoleh nilai sebesar 86,07% yaitu tergolong baik, sedangkan untuk Kemampuan Literasi Lingkungan Peserta Didik memperoleh nilai sebesar 82,88% yang dikategorikan baik. Hasil analisis korelasi product moment diketahui bahwa nilai koefisien korelasi yakni tergolong dalam kategori sedang dengan nilai sebesar 0,470, serta didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka diartikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara program sekolah adiwiyata dengan kemampuan literasi lingkungan peserta didik di SMP Negeri 2 Saronggi Kab.Sumenep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafitri, Ananda Devia Ayuanandadeviaayus@gmail.comD03217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIED2012085201
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Program Sekolah Adiwiyata; literasi lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2022 03:32
Last Modified: 13 Feb 2022 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52053

Actions (login required)

View Item View Item