Integrasi teknik desensitisasi sistematik dalam program Healing Garden untuk menangani stres perempuan karena tidak nyaman dengan pasangan di Woman Crisis Center Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghoibiyah, Anbaul (2021) Integrasi teknik desensitisasi sistematik dalam program Healing Garden untuk menangani stres perempuan karena tidak nyaman dengan pasangan di Woman Crisis Center Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anbaul Ghoibiyah_B93217120.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi stress yang dialami oleh seorang perempuan yang sudah tidak nyaman dengan pasangannya karena KDRT dan perselingkuhan oleh suaminya. Konseli merasa stress karena banyaknya tekanan dan dihantui perasaan negative terhadap suami. Tujuan penelitian ini untuk, (1) Mengetahui aplikasi Desensitisasi Sistematik dalam program Healing Garden untuk menangani Stress perempuan karena tidak nyaman dengan pasangan di Woman Crisis Center Jombang. (2) Untuk mengetahui hasil dari aplikasi Desensitisasi Sistematik dalam program Healing Garden untuk menangani Stress perempuan karena tidak nyaman dengan pasangan di Woman Crisis Center Jombang. Peneliti melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan observasi. Selanjutnya data yang peneliti dapatkan di lapangan dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif, yaitu teori teknik Desensitisasi sistematik dipadukan dengan konsep program Healing Garden yang ada di WCCJombang. Hasil penelitian menunjukkan yaitu (1) Pelaksanaan program Healing Garden ada 4 tahap yakni mengeluarkan emosi negative serta memberikan ketenangan pada konseli, menyadarkan konseli akan kemampuan dan potensi dirinya, mengajak konseli melakukan aktifitas produktif dan mencurahkan emosi serta harapannya, menguatkan konseli tentang kemandirian melalui pemberdayaan ekonomi dan perkembangan psikologis. (2) Sehingga hasil penelitian yang menggunakan Desensitisasi Sistematik melalui program Healing Garden berhasil mengubah konseli menjadi lebih tenang, mampu mengambil keputusan serta mengubah perilaku konseli menjadi lebih positif dan produktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghoibiyah, Anbaulanbaulgeby21@gmail.comB93217120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah NoerUNSPECIFIED2011126001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Desensitisasi sistematik; Healing Garden; stress
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:51
Last Modified: 14 Feb 2022 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52062

Actions (login required)

View Item View Item