Zikir dan kecerdasan spiritual: studi tentang perubahan kepribadian Jemaah Dzikrul Ghofilin Kecamatan Jabon

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Anis Fajriyatul (2020) Zikir dan kecerdasan spiritual: studi tentang perubahan kepribadian Jemaah Dzikrul Ghofilin Kecamatan Jabon. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Fajriyatul Hikmah_E07216002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang zikir dan kecerdasan spiritual. Pada zaman sekarang ini, kegiatan zikir banyak diminati oleh masyarakat. Salah satunya yang diikuti oleh masyarakat kecamatan jabon yakni dzikrul ghofilin. Dzikrul ghofilin diikuti secara rutin oleh para jemaah. Zikir yang dibaca saat dzikrul ghofilin membuat jemaah tersebut mengalami perubahan kepribadian yang dapat meningkatkan kecerdasan spiritual mereka. Bentuk dari perubahan kepribadian itu seperti: rajin shalat berjamaah dimasjid, melakukan ibadah sunnah, berbuat baik terhadap sesama. Subjek dalam penelitian ini adalah jemaah yang mengikuti dzikrul ghofilin yang ada di kecamatan jabon. Rumusan masalah yang diangkat 1) Bagaimana ajaran majlis dzikrul ghofilin dalam membangun kecerdasan spiritual? 2) Bagaimana kepribadian jemaah dzikrul ghofilin setelah melakukan zikir? 3) Aspek perubahan kepribadian mana yang dapat dipengaruhi oleh zikir?. Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari keseluruhan penelitian ini meliputi dua sumber yakni primer dan sekunder. Sumber primer adalah seluruhnya berasal dari narasumber, yakni jemaah dzikrul ghofilin kecamatan jabon. Kemudian sumber sekundernya adalah karya-karya relevan dengan penelitian ini. Dari data inilah kemudian dianalisis lalu dijadikan dalam bentuk deskripsi. Hasil dari penelitian ini ternyata setelah mengikuti zikir secara rutin, jemaah mengalami perubahan kepribadian yang dapat meningkatkan kecerdasan spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Anis FajriyatulUNSPECIFIEDE07216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiyadi, Abdul KadirUNSPECIFIED2013087003
Subjects: Psikoterapi
Tasawuf
Keywords: Zikir; kecerdasan spiritual; Dzikrul Ghofilin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:47
Last Modified: 14 Feb 2022 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52066

Actions (login required)

View Item View Item