Pengaruh penggunaan media pembelajaran Mind Mapping terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI di MI Nur Rohman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diningrum, Aprillia Dwi Setya (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Mind Mapping terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI di MI Nur Rohman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprillia Dwi Setya Diningrum_D01216004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tidak variatif berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Dari hasil observasi yang didapatkan bahwa siswa kurang memahami pembelajaran yang disampaikan guru dikelas disebabkan oleh cara guru mengajar dengan ceramah dan proses mencatat masih menggunakan catatan biasa atau berupa kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media mind mapping dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VI MI Nur Rohman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mind mappingmeningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Nur Rohman Sidoarjo. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis korelasi dan dibuktikan dengan analisis regresi linier sederhana menghasilkan t hitung sebesar 2,684. Pengujian hipotesis taraf signifikansi (a) ditetapkan 0,05 (5%) dan menggunakan uji dua pihak (sig. 2- tailed), serta didasarkan pada derajat kebebasan (degree offreedom) dk =n-2, yaitu 40-2= 38, sehingga diperoleh nilai t tabel= 0,68100. Maka nilai t hitung> t tabel (2,684>0,68100), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diketahui bahwa, penggunaan media pembelajaran Mind mappingmemiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diningrum, Aprillia Dwi Setyaaprilliadini2020@gmail.comD01216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Mind mapping; pemahaman siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:57
Last Modified: 14 Feb 2022 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52068

Actions (login required)

View Item View Item