Tantangan pengawasan Pemilihan Umum di masa pandemi Covid-19: studi kasus Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekaningtyas, Aprilia (2021) Tantangan pengawasan Pemilihan Umum di masa pandemi Covid-19: studi kasus Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Ekaningtyas_I71217023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan guna (1) memahami tantangan yang dihadapi oleh Bawaslu selaku lembaga pengawas Pemilu dalam pelaksanaan pengawasan pemilihan kepala daerah Kabupaten Sidoarjo tahun 2020 ditengah masa Pandemi Covid-19. (2) Menganalisis strategi dan solusi yang dilakukan oleh Bawaslu selaku lembaga pengawas Pemilu dalam pelaksanaan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo 2020 ditengah masa pandemi covid19. Metode kualitiatif dengan pendekatan deskriptif merupakan metode yang dipilih oleh penulis dalam melakukan penelitian ini dengan memiliki tujuan dalam menjelaskan serta mendeskripsikan mengenai fenomena yang tengah terjadi atau bahkan pernah terjadi sebelumnya. Penelitian ini menggunakan Teori Pengawasan dalam menganalisis hasil temuan dilapangan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa (1) Bawaslu dalam menjalankan tugasnya sebagai lembaga pengawas sesuai dengan regulasi yang berlaku mengenai pengawasan Pilkada ditengah Pandemi Covid-19. (2) Pelaksanaan Pilkada 2020 ditengah Pandemi mendapatkan presentase tingkat partisipasi pemilih sebesar 71,61%. (3) Tantangan yang dihadapi oleh Bawaslu Sidoarjo dalam melaksanakan tugasnya adalah terkait dengan tantangan politik, Keterbatasan SDM, Koordinasi antar lembaga, dan penerapan protokol kesehatan yang termasuk aspek utama dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ditengah Pandemi Covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekaningtyas, Apriliaapriliaaekaningtyas@gmail.comI71217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChalik, Abd.achalik_el@yahoo.co.id2027067302
Subjects: Kepala Daerah
Pemilihan Umum
Keywords: Pengawasan; Pilkada; pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:05
Last Modified: 14 Feb 2022 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52070

Actions (login required)

View Item View Item