Terapi naratif untuk menumbuhkan potensi diri remaja yang putus asa dalam mencari pekerjaan di Kecamatan Balongbendo Kabupatensidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istighfariani, Arifah (2021) Terapi naratif untuk menumbuhkan potensi diri remaja yang putus asa dalam mencari pekerjaan di Kecamatan Balongbendo Kabupatensidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifah Istighfariani_B93217076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses terapi naratif untuk menumbuhkan potensi diri remaja yang putus asa dalam mencari pekerjaan di Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo, (2) Bagaimana hasil terapi naratif untuk menumbuhkan potensi diri remaja yang putus asa dalam mencari pekerjaan di Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa studi kasus remaja yang putus asa dalam mencari pekerjaan, analisis menggunakan wawancara dan observasi. Dengan menggunakan deskripsi komparatif. Dalam hal ini peneliti membandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberikannya terapi naratif untuk menumbuhkan potensi diri remaja yang mengalami putus asa dalam mencari pekerjaan. Hasil akhir dari terapi naratif untuk menumbuhkan potensi diri remaja yang putus asa dalam mencari pekerjaan ini yaitu berdasarkan pemantauan peneliti, terdapat adanya perbedaan yang dihasilkan setelah melakukan proses konseling. Seperti halnya, konseli mampu merubah presepsi hidupnya menjadi lebih baik lagi, konseli mulai memahami potensi dirinya, potensi diri yang dimiliki oleh konseli ialah potensi sosial dikarenkan ia mampu mengajak orang lain untuk bekerja di usaha yang di rintisnya, ia juga lebih bisa mengendalikan putus asanya, dan sudah tidak merasakan bahwa dirinya adalah orang yang gagal, saat ini konseli kembali bersemangat menjalani hari-harinya. Konseli mulai menampakkan sedikit demi sedikit perubahan yang dialaminya, dalam hal ini peneliti berusaha menyemangati konseli untuk selalu mengingat tujuan baiknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istighfariani, Arifaharifahistighfariani@gmail.comB93217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@yahoo.com2018057601
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi naratif; potensi diri; putus asa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:14
Last Modified: 14 Feb 2022 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52071

Actions (login required)

View Item View Item