Perancangan pengembangan desa wisata religi dengan pendekatan Community Based Tourism (CBT) di Desa Pakuncen Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhida, Asa Dina (2022) Perancangan pengembangan desa wisata religi dengan pendekatan Community Based Tourism (CBT) di Desa Pakuncen Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asa Dina Nurhida_H03217003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia dengan kepluralitasan masyarakatnya yang terstruktur dalam keragaman agama dan kekayaan budaya berpotensi besar untuk pengambangan di sektor pariwisata. Salah satu daerah dengan potensi wisata religi yang perlu dikembangkan adalah Desa Pakuncen-Nganjuk karena masuk dalam kawasan peruntukan wisata cagar budaya dan memiliki Objek Wisata Religi Makam Tumenggung Kopek yang dibangun pada tahun 1651 di dalamnya terdapat makam dari keluarga Kerajaan Mataram Islam. Perancangan Pengembangan Desa WIsata Religi ini menggunakan pendekatan Community Based Tourism (CBT) agar sesuai dengan agenda global Pembangunan Berkelanjutan yakni perlunya partisipasi masyarakat desa setempat dalam hal perencanaan dan pengembangan supaya dapat mencapai tujuan sebagai tempat wisata religi andalan warga Pakuncen dan menambah destinasi wisata religi yang menarik di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhida, Asa Dinaasadina24@gmail.comH03217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.comH03217003
Subjects: Pariwisata
Keywords: Desa wisata religi; Pakuncen Nganjuk; Community Based Tourism (CBT)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:32
Last Modified: 14 Feb 2022 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52074

Actions (login required)

View Item View Item