Profil kemampuan representasi siswa SMA pada materi statistika ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syakdiyah, Khalimatus (2022) Profil kemampuan representasi siswa SMA pada materi statistika ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khalimatus Syakdiyah_D74217088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu masalah penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan representasi matematis. Kemampuan representasi sangat penting karena digunakan pada dasar pembelajaran matematika. Representasi adalah bentuk pengganti atau interpretasi gagasan siswa dalam menemukan solusi atau penyelesaian dalam suatu masalah. Bentuk interpretasi tersebut bisa berupa kata-kata atau verbal, gambar, simbol, tabel, grafik atau benda konkrit lainnya. Kemampuan representasi sangat penting bagi siswa untuk menyelesaikan permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu peneliti ingin mendeskripsikan profil kemampuan representasi siswa SMA Maryam Surabaya ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil 4 siswa dari 24 siswa kelas XII MIPA SMA Maryam Surabaya, dengan ketentuan 2 siswa terbaik yang bergaya kognitif visualizer dan 2 siswa terbaik yang bergaya kognitif verbalizer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling karena dalam pemilihan subjek, peneliti menggunakan beberapa kriteria yang akan diteliti yaitu dengan cara pengisian lembar VVQ oleh semua siswa 12 MIPA. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, tes tertulis, dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator representasi. Teknik analisis data meliputi klarifikasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika, siswa yang bergaya kognitif visualizer belum mampu menggunakan representasi untuk memodelkan dan menginterpretasikan fenomena matematika dan sudah mampu memilih, menerapkan dan menterjemahkan representasi matematika untuk memecahkan masalah serta menciptakan, menggunakan representasi untuk mengorganisir, mencatat dan mengkomunikasikan ide-ide matematika. Siswa yang bergaya kognitif verbalizer mampu memilih, menerapkan dan menterjemahkan representasi matematika untuk memecahkan masalah serta mampu menciptakan dan menggunakan representasi untuk mengorganisir, mencatat, mengkomunikasikan ide-ide matematika. Siswa verbalizer juga mampu menggunakan representasi untuk memodelkan dan menginterpretasikan fenomena matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syakdiyah, Khalimatuskhalimatus22ima@gmail.comD74217088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgus, Prasetyo Kurniawansugaghost@gmail.com198308212011011009
Thesis advisorLisanul, Uswah Sadiedalisanuluswah@yahoo.com108309262006042002
Subjects: Matematika
Keywords: Representasi; gaya kognitif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khalimatus Syakdiyah
Date Deposited: 16 Feb 2022 10:14
Last Modified: 16 Feb 2022 10:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52090

Actions (login required)

View Item View Item