Implementasi program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kualitas akademik siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anany, Assis Faizul (2022) Implementasi program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kualitas akademik siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Assis Faizul Anany_D73218038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Program Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Kualitas Akademik Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 13 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai implementasi program pendidikan inklusi di SMP Negeri 13 Surabaya, kualitas akademik siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 13 Surabaya, dan implementasi program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kualitas akademik siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 13 Surabaya. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua bagian tata usaha, demisioner koordinator program pendidikan inklusi, koordinator program pendidikan inklusi, waka kurikulum, dan guru pendamping khusus (GPK). Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles and Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa, (1) Implementasi Program Pendidikan Inklusi di SMP Negeri 13 Surabaya melibatkan Guru, stakeholder, siswa, dan orang tua. Pelaksanaan program ini berjalan dari tahun 2014, diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Tujuan adanya program ini adalah memberikan kesempatan dan wadah kepada siswa berkebutuhan khusus di sekitar sekolah untuk merasakan pendidikan tanpa harus bersekolah di SLB. (2) Kualitas Akademik Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 13 Surabaya sudah baik. Pengukuran keberhasilannya dilihat dari faktor-faktor pendukung kualitas akademik siswa berkebutuhan khusus dan juga beberapa lulusan yang masuk sekolah negeri jenjang selanjutnya melalui test IQ dan masuk ke perguruan tinggi negeri. Guru pendamping khusus selalu memantau perkembangan siswa berkebutuhan khusus, namun penanganan yang dilakukan berbeda-beda karena keistimewaan yang dimiliki tiap siswa berbeda-beda. (3) Implementasi Program Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Kualitas Akademik Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 13 Surabaya dilakukan dengan cara menyeimbangkan antara berbagai aspek seperti guru, lingkungan, orang tua, sarana dan prasarana, layanan, serta kurikulum yang ada. Pelaksaanaan program ini memberikan feedback positif bagi berbagai pihak, program ini dapat meningkatkan kualitas akademik siswa berkebutuhan khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anany, Assis Faizulassisfaizulanany@gmail.comD73218038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Keywords: Program pendidikan inklusi; kualitas akademik; siswa berkebutuhan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2022 01:03
Last Modified: 15 Feb 2022 01:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52099

Actions (login required)

View Item View Item