Implementasi hadis menyikapi Sibling Rivalry: studi maanil hadith Sahih Muslim nomor indeks 13 melalui pendekatan psikologi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robi, Atiyah Rusdah Ummi (2022) Implementasi hadis menyikapi Sibling Rivalry: studi maanil hadith Sahih Muslim nomor indeks 13 melalui pendekatan psikologi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atiyah Rusdah Ummi Robi_E05218004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena sibling rivalry atau biasa dikenal dengan pertengkaran atau persaingan antar saudara kandung sampai saat ini masih sering terjadi dalam beberapa keluarga. Sibling rivalry adalah sikap antagonis yang menjadikan saudara kandungnya sebagai saingan untuk mendapatkan perhatian dari orang tuanya serta beberapa hal yang ingin mereka dapatkan. Dampak yang ditimbulkan sangat merugikan bagi sang anak yang mengalami sibling rival dalam keluarganya. Rasulullah melarang terjadinya pertengkaran antar saudara yaitu sibling rivalry dalam hadis riwayat Sahih Muslim nomor indeks 13. Pada penelitian fenomena sibling rivalry ini akan dikorelasikan dengan perilaku yang masih sering terjadi dalam keluarga yakni sibling rivalry serta menggali dampak dan solusi yang ditimbulkan dari segi psikologi islam. Penelitian ini menitik beratkan pada kajian kritik sanad dan matan hadis serta menggunakan ilmu ma’anil al-Hadith untuk memaknai hadis secara mendalam dan menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah menemukan data kualitas dan kehujjahan hadis serta memperoleh pemaknaan yang kemudian dikorelasikan makna tersebut dengan fenomena yang terjadi saat ini. Penelitian ini bersifat kepustakaan atau library research, sehingga cara yang digunakan dalam proses analisisnya adalah mengumulkan data-data kepustakaan baik dari buku, kitab dan jurnal. Data premier yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab hadis Sahih Muslim. Sedangkan data skunder diperoleh dari literatur yang memiliki relevansi dengan objek kajian. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini, kualitas hadis tentang sibling rivalry riwayat Sahih Muslim nomor indeks 13 memiliki derajat kualitas sebagai hadis sahih li ghairihi dari segi pemaknaan hadis ini memiliki makna terdapat seorang ayah yang memberi sebagian hartanya kepada salah satu anaknya kemudia diketahui oleh sang istri hingga sang istri berkata ia tidak rela apabila sang ayah tidak bersaksi kepada Rasulullah atas hal ini. Kemudian Rasululah berkata apakah kamu melakukan hal ini kepada semua anakmu dan sang ayah menjawab tidak, maka dikatakanlah bertaqwalah kamu kepada Allah dan bersikaplah adil kepada semua anak-anakmu. Hadis ini berhubungan dengan perilaku sibling rivalry yaitu pertengkaran antara saudara kandung. Perilaku sibling rivalry merupakan perilaku amoral yang memiliki dampak negative bagi anak yang mengalaminya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robi, Atiyah Rusdah Ummiatiyahrusdahh@gmail.comE05218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Hadis
Keywords: Scibling Rivalry; Sahih Muslim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2022 01:41
Last Modified: 15 Feb 2022 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52100

Actions (login required)

View Item View Item