Identifikasi kelimpahan Particle Suspected as Microplastic (PSM) pada sedimen kawasan konservasi hutan Mangrove Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuryanti, Awinda (2022) Identifikasi kelimpahan Particle Suspected as Microplastic (PSM) pada sedimen kawasan konservasi hutan Mangrove Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Awinda Nuryanti_H75217028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kawasan Konservasi Hutan Mangrove Wonorejo adalah salah satu sektor pariwisata alam yang dimiliki oleh Kota Surabaya. Hingga saat ini, Hutan Mangrove Wonorejo tersisa kurang lebih 223,8 hektar, sedangkan daerah ini tergolong habitat alami dari 29 spesies tanaman mangrove yang perlu dilestarikan. Kawasan ekowisata yang berada dekat aktivitas transportasi laut dan permukiman yang ramai pengunjung dapat menjadi potensi adanya PSM (Particle Suspected as Microplastic). Hingga saat ini, belum terdapat informasi awal mengenai mikroplastik pada kawasan Hutan Mangrove Wonorejo ini. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi adanya jenis dan kelimpahan PSM pada sedimen Kawasan Konservasi Hutan Mangrove Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Lalu menganalisis perbedaan kelimpahan jenis antar zona dengan metode ONE WAY ANOVA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan 4 zona pengambilan data, sedimen yang diambil adalah random sedimen sebanyak 250 gram per titik pengambilan data, alat yang digunakan adalah ponar grab sampler dan sekop. Metode yang dilakukan adalah pengeringan, pengurangan densitas, penghancuran bahan organik penyaringan serta pengamatan visual. Hasil yang diperoleh adalah ditemukannya PSM jenis fiber, film dan fragmen dengan jumlah total terbanyak adalah fiber. Ukuran yang berhasil diidentifikasi adalah besar ( >1-3 mm) dan kecil (0,05 yang berarti kelimpahan jenis PSM antar zona tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuryanti, Awindaawindanuryanti99@gmail.comH75217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorOktorina, Saritasaritaoktorina@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Kelimpahan mikroplastik; sedimen; one way anova
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2022 11:46
Last Modified: 15 Feb 2022 11:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52115

Actions (login required)

View Item View Item