Analisis yuridis terhadap pelaksanaan kewajiban orang tua kepada anak di masa pandemi covid di Desa Jegong Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Palupi, Bondan (2021) Analisis yuridis terhadap pelaksanaan kewajiban orang tua kepada anak di masa pandemi covid di Desa Jegong Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bondan Palupi_C91216070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Yuridis Penerapan Kewajiban Orang Tua Kepada Anak di Masa Pandemi Virus Corona di Desa Jegong Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik” pada dasarnya tujuan penelitian ini untuk menjawab dua permasalahan yang pertama yaitu bagaimana pelaksanaan kewajiban orang tua terhadap anak selama masa pandemi covid di desa jegong? Dan bagaimana Analisis Yuridis penelantaran anak dimasa pandemi covid di desa jegong?. Pada skripsi yang ditulis oleh peneliti merupakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dimana penelitian tersebut yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian mengklarifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu disusun dan dianalisis dengaan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, di masa pandemi virus corona saat ini sebagian orang tuayang ada di desa jegong lalai dengan tanggung jawab mereka terhadap anaknya yang masih memasuki jenjang sekolah dasar, hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang diatur di dalam Undang-Undang yang berlaku di Negara Indonesia. Kedua, ditinjau dari Hukum positif dan Hukum Islam bahwasannya pengampuan yang diberikan oleh orang tua kepada anak baik di desa jegong ini bertentangan dan tidak sesuai dengan Hukum tersebut, banyak orang tua lupa akan kewajiban terhadap anak mereka sehingga anak menjadi kurang perhatian dan kasih sayang, terutama perhatian dalam memberikan pendidikan. Berdasarkan kesimpulan diatas, dengan adanya musibah wabah virus Corona yang sangat berdampak pada masyarakat, Maka penulis mengharapkan dan menyarankan bagi para orang tua siapapun dan dimanapun lebih bijaklah dalam membagi waktu antara bekerja dan mendidik anak, terlebih dalam menangani masalah-masalah baru yang timbul di masyarakat ini. Serta orang tua tetap menanamkan nilai-nilai ajaran agama, sehingga memperkuat keyakinan anak untuk selalu melakukan hal-hal yang baik dan benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Palupi, Bondanbondanplp@gmail.comC91216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiyat, Sriyanto_dewa@yahoo.com2026086802
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Keywords: Kewajiban orang tua; masa pandemi covid
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:37
Last Modified: 16 Feb 2022 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52133

Actions (login required)

View Item View Item