Menelisik makna pendapatan dalam perspektif nelayan: studi fenomenologi pada nelayan Desa Banjaranyar Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yazidda, Noviara Nur (2022) Menelisik makna pendapatan dalam perspektif nelayan: studi fenomenologi pada nelayan Desa Banjaranyar Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noviara Nur Yazidda_G72218048.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami makna pendapatan menurut perspektif nelayan di desa Banjaranyar. Penelitian ini fokus pada nelayan yang memiliki perahu sendiri dan dijalankan sendiri. Dalam penelitian ini makna pendapatan dibentuk oleh lingkungan para nelayan. Melalui pendekatan interpretif dengan metode fenomenologi transendental, bentuk-bentuk pengalaman sosial dari sudut pandang informan yang mengalaminya secara langsung digali dengan wawancara lebih mendalam. Terdapat dua informan yakni Mad Lazim dan Andi Al Farizi (Farid). Metode fenomenologi menekankan pada makna yang muncul dari setiap pengalaman dan kesadaran individu. Tahapan teknik analisis data dimulai dengan mengidentifikasi noema atau analisis tekstual. Selanjutnya peneliti melakukan bracketing (pemberian tanda kurung) atau analisis struktural berdasarkan identifikasi noema. Tahapan tersebut dilakukan sebagai tingkat pemaknaan mendalam (noesis). Hubungan antara noema dan noesis memberikan pemahaman yang disebut dengan intentional analysis. Terakhir peneliti akan mendapatkan ide yang melandasi seluruh kesadaran murni tersebut yang disebut eidetic reduction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua informan memiliki makna berbeda terhadap pendapatan. Mad Lazim memaknai pendapatan sebagai pelengkap kebutuhan. Andi Al-Farizi (Farid) memaknai pendapatan sebagai hasil jerih payah atas apa yang telah dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yazidda, Noviara Nurnoviaranur18@gmail.comG72218048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com199007292019032022
Subjects: Akuntansi
Keywords: Pendapatan; interpretif; fenomenologi transendental
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Yazidda Noviara Nur
Date Deposited: 18 Feb 2022 13:26
Last Modified: 18 Feb 2022 13:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52162

Actions (login required)

View Item View Item