Pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar materi perubahan wujud benda menyublim kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Sofia (2022) Pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar materi perubahan wujud benda menyublim kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofia Amalia_D97217078.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan dasar latar belakang permasalahan pembelajaran yakni hasil belajar yang sangat rendah, juga siswa dan guru mengalami kesulitan ketika harus menyelesaikan pembelajaran tentang perubahan wujud benda khususnya materi menyublim dengan menggunakan benda nyata/kongkrit yang membutuhkan jarak waktu cukup lama, sedangkan pada saat ini dalam kondisi pembelajaran daring sebab pandemi. Beserta kurangnya fasilitas pendukung terlaksananya pembelajaran daring dengan media bervariatif, sehingga peneliti menggunakan media komik dengan judul “Kapur Barus yang Menghilang” untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar mereka.
Berangkat dari paparan permasalahan diatas, maka tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud bendaamenyublimbdi temaa3 subtema 3 di pembelajaran 5 kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Gresik.
Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment berdesain non equivalent control group dengan dua kelompok sampel yakni eksperimen dan kontrol. Jumlah siswa pada masing-masing kelas yakni 37 dan 35. Uji hipotesis yang dilakukan adalah Uji Independent Sample T-test, untuk menguji rata-rata nilai pretest posttest dua kelas yang tidak berpasangan.
Hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh sebuah nilai signifikansi kelas eksperimen sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 5% atau 0,05, maka dengan hal ini dapat disimpulkan jika H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahannwujudnbendaamenyublimbdi temaa3, subtema 3, diipembelajarann5 kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Sofiasofiamalia.miti@gmail.comD97217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media pembelajaran; komik; perubahan wujud benda; menyublim; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sofia Amalia
Date Deposited: 18 Feb 2022 13:40
Last Modified: 18 Feb 2022 13:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52164

Actions (login required)

View Item View Item