Peran KH. Ahmad Maisur Sindi dalam mengembangkan Pondok Pesantren Ringinagung Kepung-Kediri (1956-1997)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chairudina, Dian (2021) Peran KH. Ahmad Maisur Sindi dalam mengembangkan Pondok Pesantren Ringinagung Kepung-Kediri (1956-1997). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Chairudina_A92217063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran KH. Ahmad Maisur Sindi dalam mengembangkan Ponpes Ringinagung Kepung-Kediri 1956-1997. Fokus penelitian dalam skripsi ini di antaranya: 1) Bagaimana profil Pondok Pesantren Ringinagung? 2) Bagaimana biografi KH. Ahmad Maisur Sindi? 3) Bagaimana peran KH. Ahmad Maisur Sindi dan perkembangannya di Ponpes Ringinagung (1956-1997)? Penelitian ini menggunakan metode sejarah, di antaranya heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran data dan historiografi (penulisan sejarah). Penulis dalam penelitian ini menggunakan dua pendekatan di antaranya pendekatan sosial dan sejarah. Teori dalam penelitian ini menggunakan konsep peranan oleh Peter Burke bahwa peran sosial adalah model /standar perilaku yang diharapkan dari orang-orang yang menempati posisi tertentu dalam struktur sosial. Kiai yang menempati posisi sebagai pengasuh pondok serta panutan spiritual keagamaan masyarakat diharapkan mampu melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya, dengan begitu maka ia telah menjalankan suatu peranan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa KH. Ahmad Maisur Sindi memiliki peran dalam mengembangkan Pondok Ringinagung di bidang pendidikan maupun sosial keagamaan. Dalam bidang pendidikan KH. Ahmad Maisur Sindi berkontribusi dalam pendirian madrasah, menata kurikulum pondok serta menjadi pimpinan kelas musyawarah. Dalam bidang sosial keagamaan peran KH. Ahmad Maisur Sindi untuk masyarakat dan para santri memberikan ilmu pengetahuan agama melalui dakwah qalam dalam karya tulisnya, memberikan motivasi serta mendukung spiritual keagamaan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chairudina, Diandianchairudina@gmail.comA92217063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaid, Imam Ghazaliimamghazalisaid@gmail,com2012026001
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Peran; KH. Ahmad Maisur Sindi; Ponpes Ringinagung KepungKediri
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2022 06:42
Last Modified: 19 Feb 2022 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52183

Actions (login required)

View Item View Item