Pengaruh metode bercerita dalam pendidikan seks terhadap pemahaman penghindaran kekerasan seksual pada anak usia dini di TK Aisyiah Bustanul Athfal I (Aba I) Mancilan Mojoagung Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Eka Sri (2021) Pengaruh metode bercerita dalam pendidikan seks terhadap pemahaman penghindaran kekerasan seksual pada anak usia dini di TK Aisyiah Bustanul Athfal I (Aba I) Mancilan Mojoagung Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Sri Cahyani_D99217059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kasus kekerasan seksual yang marak terjadi di Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor termasuk kurangnya pembelajaran pendidikan seks pada anak usia dini. Berangkat dari permasalahan tersebut observasi dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Mancilan Mojoagung Jombang. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa sekolah tersebut menanamkan pendidikan seks pada anak usia dini namun materi yang diajarkan belum membekali peserta didik untuk memiliki kesadaran untuk menghindarkan diri dari kekerasan seksual. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan kurang beragam sehingga masih banyak anak yang belum memahami materi pendidikan seks sebagai pembelajaran untuk menghindarkan diri dari kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pemahaman anak menghindarkan diri dari kekerasan seksual sebelum diberikan pendidikan seks dengan metode bercerita (2) Bagaimana pemahaman anak menghindarkan diri dari kekerasan seksual sebelum diberikan pendidikan seks dengan metode bercerita dan (3) Bagaimana pengaruh metode bercerita dalam pendidikan seks terhadap pemahaman penghindaran kekerasan seksual pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Mancilan Mojoagung Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif quasi experimental. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subyek penelitian terdiri dari 40 anak masing-masing terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, uji homogenitas dan uji Mann Whitney. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan seks menggunakan metode bercerita terhadap pemahaman penghindaran kekerasan seksual pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Mancilan Mojoagung Jombang. Hasil tersebut dibuktikan melalui hasil uji hipotesis Uji Mann Whitney-U dengan bantuan SPSS, Asymp. Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang artinya H1 diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Eka Srisricahyanie@gmail.comD99217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorFarisia, HernikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pendidikan seks; kekerasan seksual; anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2022 14:22
Last Modified: 21 Feb 2022 14:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52193

Actions (login required)

View Item View Item