Makna Upacara Galungan bagi Umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Ulfiatul (2021) Makna Upacara Galungan bagi Umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfiatul Hasanah_E02217040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membahas mengenai upacara atau sebuah ritual yang ada di lingkungan masyarakat khususnya umat beragama yang ada di Indonesia tidak lepas dari berbagai macam kegiatan-kegiatan kebudayaan seperti upacara atau ritual. Setiap umat beragama tentu saja memiliki upacara keagamaan masing-masing yang dilakukan setiap hari-hari tertentu. Hal ini dilakukan juga oleh agama Hindu, khususnya umat Hindu yang berada di Pura Agung Jagat Karana Surabaya. Dapat dilihat setiap hari-hari tertentu mereka berupaya melakukan suatu upacara dengan sangat meriah dari berbagai kegiatankegiatan yang dilakukan agar upacara terlaksanakan dengan sempurnah. Salah satunya upacara galungan salah satu hari raya umat Hindu yang tetap dilaksanakan umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana meski mereka berada di kota besar Surabaya yang mayoritas beragama Islam. Dilakukan penelitian ini di Pura Agung Jagat Karana karena lokasi pura dekat dengan tempat tinggal penulis dan bertepatan pada saat berkunjung pertama kali petugas pura memberi tau bahwa dalam beberapa hari akan ada perayaan upacara Galungan. Disinilah penulis tertarik meneliti mengenai upacara galungan disana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami dan menjelaskan prosesi upacara galungan umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana Surabaya serta mengetahui, memahami dan menganalisis makna upacara galungan bagi umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori interpretatif simbolik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdapat beberapa tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui prosesi upacara galungan yang dilaksanakan umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana Surabaya secara tahap dengan menyiapkan benda-benda yang dibutuhkan untuk penyempurnaanupacara. Dan upacara ini dilakukan oleh umat Hindu di Pura Agung Jagat Karana Surabaya secara tunun-menurun karena bagi umat di sana upacara galungan suatu ritual untuk memperinganti menangnya dharma (kebaikan) melawan adharma (keburukan) yang memaknai bahwa pada hari itu kita harus sembahyang untuk mendekatkan diri dengan tuhan agar terhindar dari keburukan, dan mengintropeksi diri untuk sifat-sifat buruk pada diri kita, dengan diadakan upacara galungan diharapakan umat Hindu bisa menebar kabaikan dikalangan masyarakat dan terhindar dari keburukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, UlfiatulUlfiatul56@gmail.comE02217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id197308032009011005
Subjects: Masyarakat Islam
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Upacara; ritual; Galungan; Hindu.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Ulfiatul Hasanah
Date Deposited: 24 Feb 2022 14:57
Last Modified: 24 Feb 2022 14:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52210

Actions (login required)

View Item View Item