Perancangan Kawasan Wisata Rawa Jombor di Klaten dengan pendekatan ekologi arsitektur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kristianto, Feryan Eko (2022) Perancangan Kawasan Wisata Rawa Jombor di Klaten dengan pendekatan ekologi arsitektur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Feryan Eko Kristianto_H73217029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Klaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu wilayah yang strategis dengan alam yang melimpah. Kota Klaten yang dikenal dengan julukan kota seribu umbul memiliki keunikan berupa sumber mata air yang terhampar hampir diseluruh wilayah penjuru kota Klaten. Didesa Krakitan, Kecamatan Bayat, selain termasuk dalam keunikan lokal desa wisata terdapat sebuah waduk yang sangat bersejarah yang memiliki potensi wisata yang bagus bernama “Rawa Jombor”, sesuai dengan RPJMD No. 13 Tahun 2018 Kabupaten Klaten 2016-2021. Pengembangan obyek Wisata Rawa Jombor didasarkan pada beberapa faktor, yaitu rusaknya eksosistem rawa dan hilangnya fungsional waduk, rusaknya ekosistem rawa dan lingkungan sekitarnya ini disebabkan karena alih fungsi rawa menjadi tempat wisata. Dengan dibangunnya warung makan apung dan limbah eceng gondok yang berserakan akibat tidak terawatnya rawa. Oleh sebab itu, perlu adanya konsep rancangan kawasan wisata Rawa Jombor yang berbasis ekologi arsitektur. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Dalam penerapan hasil konsep ekologi arsitektur di kawasan wisata Rawa Jombor meliputi beberapa aspek, antara lain melakukan reboisasi pada lingkungan sekitar, terutama pada daerah sekitar agar terawat ekosistemnya. Penerapan pada jalan setapak yang menghasilkan sebuah penataan kawasan wisata Rawa Jombor yang harmonis dan selaras dengan lingkungan sekitarnya. Penerapan pada bangunan menghasilkan bentuk bangunan yang ramah lingkungan dengan ruang terbuka untuk mewujudkan suasana yang nyaman, sejuk, dan menyatu dengan alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kristianto, Feryan Ekosf.eko11@gmail.comH73217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Pariwisata
Keywords: Wisata Rawa Jombor; ekologi arsiteksur; material Bambu
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:31
Last Modified: 24 Feb 2022 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52212

Actions (login required)

View Item View Item