Pemberdayaan ekonomi kelompok perempuan dalam olahan tahu di lingkungan Desa Plosogeneng Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Meilawati Dilla (2021) Pemberdayaan ekonomi kelompok perempuan dalam olahan tahu di lingkungan Desa Plosogeneng Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meilawati Dilla Anggraini_B92217069.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pendampingan kepada kelompok perempuan di Lingkungan Desa Plosogeneng, dengan focus pendampingan pada penguatan dan pengembangan aset yang terdapat disekitar Lingkungan Desa Plosogeneng. Bagaimana aset tahu ini berpengaruh pada kondisi ekonomi masyarakat dan bagaimana strategi dalam memanfaatkan potensi atau aset tahu di masyarakat Desa Plosogeneng. Lalu yang terakhir yaitu Bagaimana relevansi antara pemberdayaan kelompok perempuan dengan dakwah islam. Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), yakni pendampingan yang fokus pada penggalian potensi dan aset. Dengan pendekatan berbasis aset, masyarakat dapat sadar dan mengetahui aset yang dimiliki seperti aset tahu. Dalam pengembangan masyarakat potensi dan aset merupakan modal terbesar agar masyarakat mampu berkreasi dan berinovasi serta mencapai kesejahteraan yang lebih baik. Melalui proses aksi perubahan yang dilakukan dengan mengolah tahu sebagai aset menjadi makanan nugget tahu berbekal daya kemampuan dan kreatifitas ibu-ibu yang mampu merubah bahan pangan yang biasa dijual dengan harga murah menjadi makanan yang cukup mempunyai nilai jual lebih tinggi. Masyarakat mampu secara mandiri dalam berkreasi dan berinovasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Meilawati Dillameilawatidilla05@gmail.comB92217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Munirahmadkanzi65@gmail.com2017035901
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan > Perempuan
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; ibu-ibu kelompok perempuan; pengolahan tahu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Anggraini Meilawati Dilla
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:05
Last Modified: 23 Feb 2022 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52219

Actions (login required)

View Item View Item