Konsep Nation State Negara Kesatuan Republik Indonesia perspektif pemikiran politik Imam Al Haramain

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sohib, Mubti (2020) Konsep Nation State Negara Kesatuan Republik Indonesia perspektif pemikiran politik Imam Al Haramain. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mubti Sohib_F02217045.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Konsep Nation State Negara Kesatuan Republik Indonesia Perspektif Pemikiran Politik Imam Al-Haramain” bertujuan untuk menganalisis konsep nation state dalam perspektif konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia, konsep nation state dalam perspektif pemikiran politik Imam al-Haramain serta urgensi konsep nation state menurut pemikiran politik Imam al-Haramain dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan model pendekatan kualitatif (kualitatif approach), yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu atau kelompok. Corak penelitiannya adalah historis-faktual, serta bersifat deskriptif-analitis, yaitu dengan memberikan gambaran secara utuh tentang pemikiran politik Imam al-Haramain yang berkaitan dengan eksistensi nation state sebagaimana menjadi topik penelitian ini. Data yang menjadi rujukan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber bahan primer yaitu kitab Imam al-Haraain tentang politik yaitu Ghiyats al-Umam fi Iltiyats al-Dzulam, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan data skunder yaitu meliputi karya-karya Imam al-Haramain dibidang fikih, ushul fiqh, dan akidah; hasil penelitian ilmiah berupa jurnal, tesis, maupun disertasi tentang pemikiran Imam al-Haramain maupun tentang nation state. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nation state lahir dari proses dialektika intelektual dan sejarah perjuangan melawan kolonialisme dari segenap anak bangsa yang kemudian diimplementasikan dalam rumusan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut Imam Al-Haramain, dalam kaitannya dengan Syariat Islamiyah hal ihwal mengenai rumusan konsep politik merupakan sesuatu yang bersifat dzanniyat sesuai hasil ijtihad personal dan tidak bersifat baku sehingga dengan demikian konsep nation state merupakan praktik politik yang sah meskipun relatif berbeda dengan konsep pelitik dalam lazimnya literatur fiqh klasik. Dalam hal ini nation state dianalogikan dengan legalitas ta’addud al-daulah (kepemimpinan politik ganda) dalam perspektif Imam Al-Haramain. Pemikiran Imam Al-Haramain ini sangat penting untuk dipublikasikan mengingat gerakan radikalisme politik Islam yang mempertentangkan nation state Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan konsep politik Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sohib, Mubtishohibmufti@gmail.comF02217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Amin, Ainur Rofiqar.alamin1972@gmail.com2025067201
Subjects: Demokrasi Islam
Ideologi Politik
Negara Islam
Keywords: Nation State; Imam Al Haramain
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: MUBTI SOHIB
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:57
Last Modified: 30 Mar 2022 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52222

Actions (login required)

View Item View Item