Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Domestik Wisata Taman Ghanjaran, Trawas, Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sandra, Kun Faradila (2022) Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Domestik Wisata Taman Ghanjaran, Trawas, Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kun Faradila Sandra_H05217010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Air limbah domestik didefinisikan sebagai air dari hasil kegiatan yang bersumber dari kegiatan pemukiman yang meliputi air buangan yang berasal dari closet, kamar mandi, tempat cuci, dan tempat memasak. Tingginya kandungan organik terlarut di dalam air limbah dapat menyebabkan penurunan intensitas masuknya cahaya matahari yang dibutuhkan oleh mikroorganisme fotosintetik dan berdampak pada penurunan kualitas badan air. Tujuan dari penelitian ini yaitu merencanakan pembangunan unit Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) domestik di Wisata Taman Ghanjaran, Trawas, Mojokerto beserta perhitungan volume bangunan dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan. Teknologi yang dipilih yaitu Grease Trap, Bak Ekualisasi, Bak Pengendap Awal, Biofilter Aerobik, Adsorpsi Karbon aktif dan Bak Pengendap Akhir. Pemilihan teknologi pengolahan didasarkan karena unit ini memiliki keunggulan dalam meremoval kadar pencemar organik dengan tingkat efisiensi yang tinggi dan kebutuhan lahan yang tidak terlalu luas. Metode penelitian menggunakan data primer mengenai pengujian kualitas air limbah dan data sekunder yang diperoleh dari data wisata berupa debit pemakaian air bersih dan informasi lain yang terkait dengan perencanaan. Hasil penelitian yang didapat berupa gambar desain (DED) unit IPAL, spesifikasi bahan yang digunakan, serta rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan konstruksi unit IPAL. Perencanaan ini juga ditunjang dengan panduan dalam operasional dan perawatan unit IPAL.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sandra, Kun Faradilakunfaradila276@gmail.comH05217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya.nengse@uinsby.ac.id0709109001
Subjects: Pariwisata
Teknik Lingkungan
Keywords: Air limbah domestic; adsorpsi karbon aktif; biofilter aerobic; desain IPAL; Taman Ghanjaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:45
Last Modified: 24 Feb 2022 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52227

Actions (login required)

View Item View Item