Konseling Islam dengan terapi forgiveness untuk mengendalikan trust issue seorang anak terhadap orang tua di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salamah, Sabilatus (2022) Konseling Islam dengan terapi forgiveness untuk mengendalikan trust issue seorang anak terhadap orang tua di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabilatus Salamah_B93218162.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini fokus untuk mengetahui proses pelaksanaan konseling islam dengan terapi forgiveness untuk mengendalikan trust issue seorang anak terhadap orang tua di Sidoarjo, serta mengetahui hasil proses pelaksanaan konseling islam dengan terapi forgiveness untuk mengendalikan trust issue seorang anak terhadap orang tua di Sidoarjo. Dalam menguraikan kedua pembahasan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan konseling islam dengan terapi forgiveness untuk mengendalikan trust issue seorang anak terhadap orang tua di Sidoarjo dilakukan dalam empat tahapan yaitu tahap pengungkapan emosi ketika mengalami peristiwa menyakitkan, tahap keputusan untuk memaafkan, tahap tindakan yang disertai dengan penyisipan tugas untuk membaca surah Al-Ikhlas ketika merasa jengkel, serta tahap pendalaman sebagai internalisasi atas proses memaafkan yang telah dilakukan sebelumnya, (2) hasil dari proses pelaksanaan konseling islam dengan terapi forgiveness untuk mengendalikan trust issue seorang anak terhadap orang tua di Sidoarjo dikatakan berhasil dengan adanya perubahan perilaku konseli pada indikator target pengendalian trust issue ke arah yang lebih baik antara sebelum dan sesudah pelaksanaan proses konseling. Kata kunci: Konseling Islam, Terapi Forgiveness, Trust Issue.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salamah, Sabilatussabilatusslmh@gmail.comB93218162
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarifainurrofiq@uinsby.ac.id2008087706
Subjects: Anak
Bimbingan Konseling
Terapi
Keywords: Konseling Islam; terapi forgiveness; trust issue; anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sabilatus Salamah
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:16
Last Modified: 06 Jul 2022 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52229

Actions (login required)

View Item View Item