Pengaruh pengelolaan jam belajar terhadap pengenalan lambang bilangan 1-10 di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Dagan Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Evi Soniyatul (2022) Pengaruh pengelolaan jam belajar terhadap pengenalan lambang bilangan 1-10 di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Dagan Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Soniyatul Ummah_D99217037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti terhadap pengelolaan jam belajar di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Dagan Kabupaten Lamongan. Peneliti menemukan beberapa perubahan pada perangkat pembelajaran yang digunakan di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Dagan Kabupaten Lamongan dikarenakan adanya pandemi covid-19. Hal ini menjadikan perkembangan anak kurang optimal dalam perkembangannya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak ialah dengan mengelola jam belajar dengan baik. Pengelolaan jam belajar merupakan kemampuan individu dalam hal mengelola dan mengatur proses belajar mengajar agar sesuai dengan prinsip dan konsep pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana implementasi pengelolaan jam belajar terhadap pengenalan lambang bilangan 1-10 di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Dagan Kabupaten Lamongan 2). Adakah pengaruh yang signifikan antara pengelolaan jam belajar terhadap pengenalan lambang bilangan 1-10 di TK Dharma Wanita Persatuan Desa Dagan Kabupaten Lamongan. Penelitian tersebut menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey dan menggunakan metode pengumpulan data melalui angket, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik berupa uji Mann-Whiteny. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara pengelolaan jam belajar terhadap pengenalan lambang bilangan 1-10, dengan nilai yang diperoleh dari Output SPSS, Asymp. Sig (2-tiled) sebesar 0,001. Nilai 0,001 lebih kecil dari <0,05 maka Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Evi Soniyatulevisoniya45@gmail.comD99217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko SuciptoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pengelolaan; jam; belajar; pengenalan lambang bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:42
Last Modified: 23 Feb 2022 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52235

Actions (login required)

View Item View Item