Tinjauan hukum islam terhadap jual beli voucher saat promo Flash Sale pada Aplikasi Shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholis, Kholis (2020) Tinjauan hukum islam terhadap jual beli voucher saat promo Flash Sale pada Aplikasi Shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholis_C02216031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti menggunakan pola pikir deduktif yakni dapat menganalisis praktik yang terjadi di lapangan terkait jual beli voucher pada saat di shopee dengan menggunakan hukum Islam yang telah ada. hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada saat promo flash sale di market place shopee merupakan akad jual beli pada promo puncak dan biasanya dikatakan pada tanggal cantik seperti 12 bulan Desember 12 12 begitu seterusnya dalam jual beli ini terdapat ketidakjelasan informasi seperti ditentukan jumlah produk atau barang yang akan dijual saat iklan tersebut sedangkan konsumen terhadap barang tersebut maka hal ini bisa menimbulkan rasa keterpaksaan tidak memenuhi unsur kerelaan yang terdapat dalam syarat akad meskipun rukun akad nya terpenuhi sehingga penulis mengkategorikan bahwa jual-beli yang disebut fasad atau akad yang dibatalkan karena pertimbangan maslahat dan termotivasi apabila ditinjau dari segi asas perjanjian dalam hukum Islam juga tidak dipenuhinya terhadap beberapa asas khususnya terhadap asas kejujuran dan asas itikad baik juga berpendapat bahwa tindakan pelaku usaha karena dapat menghilangkan rasa kepercayaan konsumen yang cenderung menimbulkan kerugian sehingga berakibat pada akad jual beli apa apapun. adapun saran yang hendak penulis berikan yakni bagi pelaku usaha yakni mitra yang berjualan di shopee hendaknya lebih memperhatikan lagi terkait ketelitian pada produk yang dijual sedangkan bagi konsumen yang harus lebih selektif untuk melakukan transaksi pada saat promo flash sale dengan mencari informasi yang jelas terhadap produk yang dibeli guna mencegah dari terjadinya kerugian serta mencegah dari munculnya fasad.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholis, Kholiskkholis380@gmail.comC02216031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSumarkan, Sumarkan--2010086401
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Flash Sale; Aplikasi Shopee
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S.H. Kholis Kholis
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:16
Last Modified: 04 Oct 2023 01:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52270

Actions (login required)

View Item View Item