Peran kepala madrasah dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter peserta didik di MI Thoriqotul Hidayah 2 Pilang Tejoasri Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Irma Erviyana (2021) Peran kepala madrasah dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter peserta didik di MI Thoriqotul Hidayah 2 Pilang Tejoasri Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Erviyana Ningrum_ D93217099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai peran kepala madrasah dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter peserta didik.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti mengguanakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian utama sebagai berikut. Pertama, proses internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik MI Thoriqotul Hidayah 2 Pilang Tejoasri Lamongan melalui beberapa tahapan. Yaitu tahapan transformasi nilai, tahapan transaksi nilai dan tahapan transaksi nilai. Nilai-nilai yang diinternalisasikan yaitu religius, disiplin, jujur, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Kepala madrasah memiliki strategi tersendiri dalam membentuk karakter peserta didik seperti: keteladanan, kegiatan spontan, kegiatan rutin, teguran, pengintegrasian pada kegiatan pembelajaran dan pengintegrasian pada kegiatan yang diprogramkan. Kedua, peran kepala madrasah dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter peserta didi di MI thoriqotul Hidayah 2 Pilang Tejoasri Lamongan ditunjukkan dengan menjalankan perannya sebagai leader, manager, educator, administrator, supervisor, entrepreneur dan pencipta iklim kerja yang kondusif. Ketiga, faktor pendukung peran kepala madrasah dalam menginternalisasi nilai-nilai peserta didik di MI thoriqotul Hidayah 2 Pilang Tejoasri Lamongan, diantaranya: sarana dan prasarana, kontrol dari pendidik, keluarga, dan masyarakat sekitar madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Irma Erviyananingrumirma98@gmail.comD93217099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Peran kepala madrasah; internalisasi nilai-nilai karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:33
Last Modified: 01 Mar 2022 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52292

Actions (login required)

View Item View Item