Analisis kompetisi global negara Jepang melalui Industri Kreatif Cool Japan di masa pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamungkas, Iqbal Hasan (2021) Analisis kompetisi global negara Jepang melalui Industri Kreatif Cool Japan di masa pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iqbal Hasan Pamungkas_I02216013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menggambarkan bagaimana pemerintah Jepang berkompetisi secara global melalui industri kreatif Cool Japan di masa pandemi COVID-19. Metode yang dilakukan adalah kualitatif-deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi literatur. Konsep yang digunakan adalah konsep keunggulan negara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemerintah Jepang menggunakan Cool Japan dalam industri anime, manga, dan video game. Ketiga industri ini memiliki 4 (empat) faktor yang menjadikannya unggul untuk berkompetisi secara global di masa pandemi COVID-19. Pertama, faktor kondisinya mumpuni, teknologi produksi dan sumber manusianya terpenuhi. Kedua, permintaannya pasarnya tinggi di dalam maupun luar negeri. Ketiga, tiap industri ini saling terkait satu sama lain. Keempat, terjadinya rivalitas antar perusahaan yang tinggi dalam negeri. Dengan Konsep ini dapat diketahui bahwa pemerintah Jepang berkompetisi secara global melalui industri kreatif Cool Japan di masa pandemi COVID-19 mampu bersaing dan unggul dalam kompetisi global dikarenakan sudah terbentuknya kompetisi di dalam negeri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamungkas, Iqbal Hasaniqbalhasanpamungkas@gmail.comI02216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmaliyah, Ridharidha.amaliyah@gmail.com201409001
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Jepang, Cool Japan; COVID-19; Kompetisi Global
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:47
Last Modified: 01 Mar 2022 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52293

Actions (login required)

View Item View Item