Perancangan Pusat Edukasi Budaya Pencak Silat di Kota Madiun dengan pendekatan adaptive reuse

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Savitri, Jasmine Reza (2022) Perancangan Pusat Edukasi Budaya Pencak Silat di Kota Madiun dengan pendekatan adaptive reuse. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jasmine Reza Savitri_H03217007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang hingga saat ini terus berkembang dan harus dilestarikan sebagai kebudayaan Indonesia. Kota Madiun dikenal sebagai “Kota Pendekar” atau “Kampung Pesilat”, karena terdapat 14 perguruan pencak silat tergabung dalam paguyuban pencak silat kota, meski pencak silat adalah kebudayaan asli Indonesia, sejarah mengenai tiap-tiap perguruan pencak silat yang ada sangat minim, hal ini menjadi penyebab konflik antar perguruan pencak silat yang merugikan bagi masyarakat. Perancangan "Pusat Edukasi Budaya Pencak Silat" untuk mewujudkan sarana pembelajaran budaya seni bela diri pencak silat, juga untuk mencegah terulang kembali konflik. Perancangan pusat edukasi budaya pencak silat sebagai wisata edukasi sejarah, memanfaatkan dua bangunan antik arsitektur kolonial di kawasan yang ditinggalkan, sekaligus untuk memberikan fungsi baru pada bangunan bersejarah. Maka dari itu perancangan menggunakan pendekatan adaptive reuse, karena prinsip pendekatan adalah memperpanjang usia bangunan dan memberikan kehidupan baru pada peninggalan bersejarah. Penerapan pendekatan adaptive reuse dengan cara mempertahankan ciri asli bangunan, namun fungsi ruang berubah untuk adaptasi fungsi baru bangunan yang semula berfungsi sebagai rumah sakit menjadi pusat edukasi. Bentuk integrasi antara bangunan antik dengan fungsi baru, yakni pusat edukasi budaya pencak silat, ditambahkan aula pertunjukan dengan atap Joglo, metafora dari pencak silat yang merupakan seni bela diri asli Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Savitri, Jasmine Rezajasminerezas@gmail.comH03217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Arsitektur
Pencak Silat
Keywords: Pusat edukasi budaya; pencak silat; adaptive reuse
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2022 01:53
Last Modified: 02 Mar 2022 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52315

Actions (login required)

View Item View Item