المعنى الارشادي والتأويلي في شعر القدس لنزار قباني: دراسة سيميائية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirurrosi, Khoirurrosi (2022) المعنى الارشادي والتأويلي في شعر القدس لنزار قباني: دراسة سيميائية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirurrosi_A01218015.pdf

Download (909kB)

Abstract

Intisari Puisi merupakan olah kata menjadi sebuah kalimat yang indah, yang mana kata tersebut tidak seperti kata-kata yang disampaikan dalam seharihari. Dalam hal ini puisi mengandung makna yang tersirat didalamnya sehingga dalam mnegartikan sebuah puisi diperlukan pemikiran yang peka terhadap sebuah objek yang dimaksud. Riffaterre mengemukakan bahwa puisi mengekspresikan sesuatu secara tidak langsung atau mengatakan sesuatu dengan memaksudkan hal yang lain. Penelitian ini melakukan pemaknaan terhadap puisi dengan menggunakan teori semiotika Riffaterre. Dalam menemukan signifikansi puisi, peneliti menggunakan metode analisis yang dikemukakan oleh Riffaterre, yakni pembacaan heuristik dan pembacaan hermeunitik. Pada pembacaan heuristik, peneliti menemukan berbagai ketidakgramatikalan sehingga menghambat pemahaman. Menurut riffaterre, untuk melewati hambatan tersebut peneliti harus melanjutkan pembacaan pada tingkatan kedua yakni pembacaan hermeunitik. Dalam pembacaan tingkatan kedua, ketidakgramatikalan bukan menjadi hambatan tetapi menjadi pemandu menuju signifikansi. Obyek penelitian ini adalah puisi Nizar Qobbani yang berjudul “Al-Quds”. Puisi Nizar Qobbani yang diteliti dalam penelitian ini mengandung unsur kemanusiaan terhadap tragedi yang terjadi di Palestina. Hasil analisis menunjukkan bahwa tragedi yang terjadi di Palestina sebagai sebuah ketidakgramatikalan yang muncul di dalam puisi tersebut telah menjadi pemandu menuju signifikansi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirurrosi, Khoirurrosikhoirurrosi13@gmail.comA01218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@yahoo.co.id2022127601
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Puisi
Keywords: Puisi Nizar Robbani; semiotika Riffaterre
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:50
Last Modified: 02 Mar 2022 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52317

Actions (login required)

View Item View Item