Pengaruh return on asset, return on equity, net profit margin dan quick ratio terhadap return saham perusahaan sektor energi pada masa pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pambudi, M. Fikri Arif Setya (2021) Pengaruh return on asset, return on equity, net profit margin dan quick ratio terhadap return saham perusahaan sektor energi pada masa pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Fikri Arif Setya Pambudi_G92218081.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel yaitu Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Quick Ratio (QR) terhadap return saham. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data sekunder berupa laporan keuangan (financial statement) perusahaan sektor energi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019 – 2020. Terdapat 80 sampel yang digunakan pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Untuk menguji hipotesis penelitian maka peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS versi 26 dalam mengelola data. Penelitian ini memiliki hasil bahwa variabel Net Profit Margin (NPM) memilik pengaruh secara signifikan terhadap return saham, sementara Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Quick Ratio (QR) tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap return saham. Sedangkan, seluruh variabel independen secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. Peneliti memberikan saran kepada penelitian di masa yang akan datang untuk menggunakan populasi yang lebih banyak dengan timeframe yang lebih panjang dan disarankan untuk menambah variabel independen yang lebih beragam. Untuk perusahaan agar lebih mengevaluasi berbagai hal yang dapat mempengaruhi return saham agar emiten dapat memaksimalkan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan daya minat para investor untuk menanamkan modal. Selain itu, untuk para investor untuk lebih selektif dalam segi analisis fundamental maupun teknikal dalam berinvestas. Serta kepada pemerintah diharapkan untuk lebih fleksibel dan cermat dalam mengimplementasikan regulasi-regulasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pambudi, M. Fikri Arif Setyamuhfiksarif@gmail.comG92218081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma.suryani1091@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Keywords: Return on asset; return on equity; net profit margin; quick ratio dan return saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2022 08:34
Last Modified: 02 Mar 2022 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52338

Actions (login required)

View Item View Item