Peran pembacaan surat-surat pilihan terhadap Psikis Santri: studi living quran tpq Al-Madaniyah, kelurahan Sukomanunggal kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutmainnah, Siti (2022) Peran pembacaan surat-surat pilihan terhadap Psikis Santri: studi living quran tpq Al-Madaniyah, kelurahan Sukomanunggal kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mutmainnah_E73218069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pembacaan surat-surat pilihan di TPQ Al-Madaniyah, 2) Bagaimana peran kegiatan pembacaan surat-surat pilihan terhadap santri TPQ Al-Madaniyah, 3) Bagaimana kondisi psikis santri setelah mengikuti kegiatan pembacaan surat-surat pilihan di TPQ Al-Madaniyah. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan proses pelaksanaan kegiatan pembacaan surat-surat pilihan, menjelaskan peran kegiatan pembacaan surat-surat pilihan terhadap santri dan menganalisa kondisi psikis santri setelah mengikuti kegiatan pembacaan surat-surat pilihan di TPQ Al-Madaniyah.Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian yang bersifat lapangan (field research) ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu menjelaskan proses pelaksanaan kegiatan pembacaan surat-surat pilihan dan menganalisa kondisi psikis santri setelah mengikuti kegiatan pembacaan surat pilihan-pilihan di TPQ Al-Madaniyah. Penelitian tersebut diperlukan, karena penelitian ini berusaha untuk mencari tahu tentang kegiatan pembacaan surat-surat pilihan dan kondisi psikis santri setelah mengikuti kegiatan pembacaan surat-surat pilihan di TPQ Al-Madaniyah. Karena jika diteliti lebih luas, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang harus diikuti, serta banyak para santri yang merasakan kondisi psikis yang berbeda-beda setelah mengikuti kegiatan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, bahwa kegiatan pembacaan surat-surat pilihan ini ada empat meliputi surat ar-Rahman dibaca setiap hari Senin, surat Al-Waqi’ah dibaca setiap hari Selasa, Al-Mulk dibaca setiap hari Rabu, dan surat Yaasin dibaca setiap hari Kamis. Kedua, bisa istiqomah untuk membaca Alquran dan mengamalkannya. Ketiga, terdapat peran penting juga didalamnya seperti bisa merubah kondisi psikis, perilaku, pola pikir pada santri. Kelima, santri yang mengikuti kegiatan tersebut akan merasakan kondisi psikis seperti hati menjadi tenang, tidak mudah marah, khawatir, sedih, maupun gelisah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutmainnah, Sitikknuinsa1332021@gmail.comE73218069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsby.ac.id2006075901
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Pembacaan Alquran; Surat-Surat Pilihan; Psikis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Siti Mutmainnah
Date Deposited: 05 Mar 2022 11:57
Last Modified: 05 Mar 2022 11:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52352

Actions (login required)

View Item View Item