Pemberdayaan Petani melalui pengolahan Ubi Kayu Di Dusun Krajan Desa Siwalan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ifani, Nuril (2021) Pemberdayaan Petani melalui pengolahan Ubi Kayu Di Dusun Krajan Desa Siwalan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuril Ifani_B92216115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penelitian pendampingan pemberdayaan petani di Dusun Krajan Desa Siwalan yang memiliki aset alam yaitu Ubi kayu, untuk meningkatkan perekonomian petani perlu melakukan sebuah inovasi baru dari ubi kayu, dengan adanya pengolahan aset ubi kayu dapat meningkatkan harga jual dan keterampilan petani ubi kayu di Dusun Krajan. Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan menggunakan 5-D dalam Apreciative22Inquiry yaitu menemukenali dan mengungkap aset serta potensi (Discovery) membangun mimpi (Dream) merencanakan serta menyusun strategi untuk mewujudkan mimpi atau harapan yang telah dibangun (Design) melakukan aksi partisipatif dan merancang strategi (Define) melakukan monitoring dan evaluasi (Destiny) Melalui kegiatan yang menciptakan pemberdayaan ekonomi petani Dusun Krajan, maka dibentuk kelompok dampingan yaitu kelompok usaha tani Dusun Krajan untuk mengolah ubi kayu menjadi singkong keju frozen, yang selama ini ubi kayu hanya dijual mentah dan pengolahan yang biasa dengan harga jual yang rendah. Pelatihan membuat singkong keju frozen berdampak pada kemandirian ekonomi petani dan melatih keterampilan yang dimiliki anggota kelompok untuk menghasikan sebuah produk bernilai jual tinggi untuk meningkatkan ekonomi petani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ifani, Nurilfarehahwiwin@gmail.comB92216115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Diyahriesdyah@uinsa.ac.id197804192008012014
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: pemberdayaan; ekonomi petani; inovasi pengolahan hasil pertanian; Ubi kayu.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Arsip Dakwah
Depositing User: Nuril Ifani
Date Deposited: 08 Mar 2022 22:40
Last Modified: 08 Mar 2022 22:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52363

Actions (login required)

View Item View Item