Revitalisasi Kawasan Pasar Pabean Surabaya dengan pendekatan urban retrofitting

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyid, Muhamad (2022) Revitalisasi Kawasan Pasar Pabean Surabaya dengan pendekatan urban retrofitting. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Rosyid_H73216070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pasar Pabean adalah pasar induk yang telah ada sejak tahun 1849 yang menempati bangunan heritage di jalan songgoyudan dan merupakan pusat perdagangan dikota surabaya untuk komoditas utama bawang dan ikan laut. Pasar pabean menjadi ikon pasar ikan terbesar di Jawa Timur dan menjadi bagian dari sejarah perdagangan ikan dan rempah karena letaknya yang dekat dengan Pelabuhan Rakyat kalimas yang berada pada Kawasan tanjung perak. Pasar pabean berada di jalan songgoyudan (yang dulunya merupakan kawasan pecinan), kelurahan nyamplungan, kecamatan pabean cantikan , kota surabaya. Pasar pabean menjadi perbatasan antar kampung etnis di kota surabaya. Sebelah utara pasar pabean tedapat jalan KH Mas Mansyur yang menjadi Kawasan kampung etnis arab. Di sebelah selatan pasar pabean terdapat jalan kembang jepun yang menjadi Kawasan kampung etnis tionghoa. Sebelah timur pasar terdapat jalan songgoyudan, dan di sebelah barat terdapat jalan panggung yang menjadi Kawasan kampung etnis madura dan jawa. Kondisi yang terjadi pada Kawasan Pasar pabean cenderung padat dengan aktivitas pasar tumpah, pedagang kaki lima yang menempati teras ruko di sepanjang badan jalan panggung, bongkar muat barang didepan pasar , ramainya pergerakan pejalan kaki, parkir kendaraan yang tidak teratur menyebabkan kemacetan parah pada Kawasan pecinan. Hal ini menurunkan kualitas lingkungan terbangun dan aktivitas masyarakat di Kawasan pasar Pabean. Berdasarkan kondisi eksisting maka, diperlukan sebuah rencana yang mampu mengoptimalkan lahan yang ada untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan dan meningkatkan potensi ekonomi dengan judul “Revitalisasi Kawasan Pasar Pabean Surabaya dengan Pendekatan Urban Retrofitting” Pemilihan judul ini dimaksudkan guna memberikan kualitas lingkungan pada kawasan pasar pabean surabaya dengan mengimplementasikan pendekatan Urban Retrofitting.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyid, MuhamadMuhamadrosyid037@gmail.comH73216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pasar Pabean; revitalisasi; urban retrofitting
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:36
Last Modified: 09 Mar 2022 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52385

Actions (login required)

View Item View Item