Metode Ceramah KH. Ali Sulthoni dalam pengajian rutin di Masjid Darul Muttaqien Jegulo-Soko-Tuban.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriati, Erfin (2022) Metode Ceramah KH. Ali Sulthoni dalam pengajian rutin di Masjid Darul Muttaqien Jegulo-Soko-Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erfin Fajriati_B01218012.pdf

Download (2MB)

Abstract

KH. Ali Sulthoni adalah seorang pendakwah yang terkenal didesa Jegulo, karena kemampuannya dalam menyampaikan pesan dakwah. penelitian ini di tujukan untuk menjawab rumusan masalah secara deskriptif terkait metode ceramah yang meliputi teknik pembukaan, teknik penyampaian, dan teknik penutupan ceramah.Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis kualitatif-deskriptif. Peneliti melakukan pengamatan terhadap tiga video ceramah dengan sub bab (topik) yang berkelanjutan. Hasil dari penelitian ini, KH.Ali Sulthoni berdasarkan teori Herbert V. Prochnow menggunakan teknik pembukaan introduction Pribadi namun tidak sering digunakan hanya saja kita temui pada awal diadakannya ceramah dan untuk selanjutnya meneruskan topik pada minggu yang lalu. Sedangkan untuk teknik penyampaian ceramah yakni dengan menggunakan variasi tanya jawab dan sedikit humor, tetap merujuk pada kitab Nasoihul Ibad, KH. Ali Sulthoni menutup ceramah dengan menyampaikan Kembali pesan yang penting lalu disambung dengan gaya penutupan ceramahnya sendiri seperti, istigfar, sholawat nabi serta bacaan muhasabah diri kepada Allah SWT.Peneliti berharap untuk penelitian yang akan mendatang dapat meneliti terkait pengaruh ceramah KH. Ali Sulthoni dalam pengajian rutin, terutama kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan pendampingan dalam memahami ilmu tentang Agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriati, Erfinb01218012@uinsby.ac.idB01218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh Ali-195706091983031003
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Retorika
Keywords: Metode Ceramah; KH.Ali Sulthoni; Pengajian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Erfin Fajriati
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:53
Last Modified: 10 Mar 2022 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52386

Actions (login required)

View Item View Item