Pemahaman ‘Alī Jum’ah pada hadis-hadis tentang kaum pembawa fitnah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaimuddin, Zaimuddin (2022) Pemahaman ‘Alī Jum’ah pada hadis-hadis tentang kaum pembawa fitnah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaimuddin_F02819265.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hadis tentang fitnah di masa depan harus dipahami dengan metode khusus agar dapat difungsikan sebagaimana mestinya, karena kandungannya sangat penting dan sensitif. ‘Alī Jum‘ah mengusung metode fatwa dalam memahami hadis tentang kaum pembawa fitnah. Metode fatwa ini meneliti hadis dari tiga perspektif utama; pada hadis dengan metode tematik dan analisis, pada realitas dengan kajian lapangan, lalu menerapkan pemahaman hadis pada realitas. Tesis ini disusun berdasarkan tiga rumusan masalah: Bagaimana pemahaman ‘Alī Jum‘ah pada hadis-hadis tentang kaum pembawa fitnah? Bagaimana karakteristik pemahaman ‘Alī Jum‘ah pada hadis-hadis tersebut? Dan bagaimana implikasi pemahaman ‘Alī Jum‘ah pada realitas kaum pembawa fitnah di Mesir? Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan observasi pada sumber-sumber tertulis maupun audio visual. Analisa dilakukan dengan metode kualitatif deskriptis dengan pola berpikir induktif. Landasan teori yang digunakan adalah pemahaman hadis tematik dan kajian hadis melalui tiga konsep fatwa.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman ‘Alī Jum‘ah pada hadis-hadis tentang kaum pembawa fitnah didasarkan pada pemahaman hadis secara tematik, analisis dan realitas. Ada 10 karakter kaum pembawa fitnah yang dijelaskan oleh hadis. Karakteristik pemahamannya adalah penggunaan metode fatwa yang cermat pada setiap tahapannya, menerapkan tajrīd dan perspektif al-maḥajjah al-baiḍā’. Implikasi pemahaman ‘Alī Jum‘ah pada realitas kaum pembawa fitnah adalah fatwa, menjawab kesesatan ajaran kaum pembawa fitnah dan melakukan deradikalisasi dengan menguatkan Ahl al-Sunnah, al-Azhar, pemerintah, tasawuf dan bakti sosial. Dalam fatwanya, ‘Alī Jum‘ah menyatakan bahwa golongan al-Ikhwān al-Muslimīn dan sejenisnya merupakan golongan yang sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan oleh Nabi tentang kaum pembawa fitnah. Pemahaman ‘Alī Jum‘ah juga bisa diimplikasikan untuk mengidentifikasi kaum pembawa fitnah di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaimuddin, Zaimuddinzaimfaizah1@gmail.comF02819265
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Hadis
Keywords: ‘Alī Jum‘ah; pemahaman; pembawa fitnah.
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:38
Last Modified: 10 Mar 2022 01:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52400

Actions (login required)

View Item View Item