Konsep Ikhlas Perspektif Badiuzzaman Said

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luailiyik, Debby Faizatul (2022) Konsep Ikhlas Perspektif Badiuzzaman Said. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Debby Faizatul Luailiyik_E03217014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penafsirannya bersifat maknawi dan murni dari hasil pemikirannya yang ahli dalam segala bidang keilmuan. Makna ikhlas yang dibahas oleh Said Nursi pun dikemas dan disampaikan menggunakan bahasa penganalogian terhadap suatu ibarat yang berlandaskan pada pemikirannya dengan menunjukkan kebesaran sang Maha Agung dan menggunakan hati nurani yang benar sesuai dengan keadaan zaman, sosial dan juga kebutuhan masyarakat.Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini yakni bagaimana penjelasan Said Nursi terhadap ayat yang mengarah pada substansi keikhlasan. Mengupas langkah-langkah penerapan keikhlasan guna menuju keikhlasan yang hakiki sesuai dengan penafsiran Said Nursi.Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deksriptif dan penelitian pustaka (library research) karena data diperoleh dan dikumpulkan dari buku-buku, literatur keilmuan dan hasil kesimpulan dari membaca dan memahami kitab tafsir Al-Lama’at yang menjadi rujukan utama dalam penelitian ini. metode kitab tafsirnya menggunakan metode tematik dan menggunakan pendekatan tafsir. Penjelasan dari penelitian ini mengarah pada penafsiran ayat yang membahas substansi keikhlasan perspektif Said Nursi.Ikhlas berdasarkan penafsiran Said Nursi merupakan doa yang paling makbul dan hakikat yang paling dalam, bukan hanya tentang melakukan amalan dengan niat yang tulus dan mengharap ridha Allah. Beberapa prinsip yang harus dipegang erat guna mencapai keikhlasan yang hakiki harus terlaksana dengan sungguh-sungguh. Pada hakikatnya keikhlasan dapat tercapai dengan sempurna apabila umat senantiasa beriman dan memelihara keikhlasannya dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luailiyik, Debby FaizatulFaizatuldebby@gmail.comE03217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Ikhlas; Said Nursi; Al-Lama’at.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Debby Faizatul Luailiyik
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:32
Last Modified: 06 Apr 2022 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52401

Actions (login required)

View Item View Item