Koperasi syariah berbasis masjid di Kota Bandung: karakteristik dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan anggota

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wartoyo, Wartoyo (2021) Koperasi syariah berbasis masjid di Kota Bandung: karakteristik dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan anggota. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wartoyo_F53318022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini perkembangan Koperasi Syariah di Indoensia menghadapi dua masalahutama, yaitu terkait dengan sustainabilitas dan mission drift sehingga berdampak tidak optimalnya Koperasi Syariah dalam mencapai tujuan-tujuannya. Koperasi Syariah Berbasis Masjid (KSBM) di Kota Bandung memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan Koperasi Syariah lainnya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kualitas tata kelola KSBM di Kota Bandung melalui analisis tingkat kesehatan dan kinerja (2) mengeksplorasi karakteristik utama yang melekat padanya (3) menguji pengaruh karakteristik yang memiliki dampak langsung terhadap kesejahteraan anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed method research – sequential exploratory design). Data kualitatif dianalisis dengan pendekatan triangulasi. Sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan uji regresi moderasi dengan metode sub group. Hasil penelitian ini berhasil mengidentifikasi 7 (tujuh) karakteristik yang dimiliki oleh KSBM di Kota Bandung, yaitu: (1) terbangunnya sinergi antar lembaga, (2) fokus pada misi sosial, (3) terbangunnya trust stakeholders, (4) non-profit oriented, (5) menggunakan modal internal, (6) majelis taklim sebagai pusat informasi dan pendidikan anggota, dan (7) pembiayaan akad qârdhûl hasan. Berdasarkan analisispenelitian menunjukkan bahwa kualitas tata kelola KSBM di Kota Bandung memiliki tingkat kesehatan yang baik (cukup sehat – sehat), dengan kinerja organiasasi yang sangat baik sehingga berpengaruh posistif terhadap tingkat kesejahteraan anggotaanggotanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wartoyo, Wartoyowartoyo10@gmail.comF53318022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007055801
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Koperasi
Keywords: Koperasi syariah; koperasi berbasis masjid; qardhul hasan; kesejahteraan anggota.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:43
Last Modified: 11 Mar 2022 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52405

Actions (login required)

View Item View Item