Pemberdayaan santri pesantren Luhur Al-Husna Surabaya dalam pengolahan Limbah Nasi: studi pendampingan komunitas dengan pendekatan Asset Based Community Development

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Penghabehan, Ahmad Dhafid (2022) Pemberdayaan santri pesantren Luhur Al-Husna Surabaya dalam pengolahan Limbah Nasi: studi pendampingan komunitas dengan pendekatan Asset Based Community Development. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Dhafid Penghabehan_ B92217050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam memanfaatkan ketersediaan aset yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Keberadaan sisa nasi di Pesantren Luhur Al-Husna, selama ini hanya berakhir di tempat sampah dan saluran air pesantren diolah menjadi pupuk organik cair yang akan diaplikasikan pada tanaman hidroponik. Metode dalam penelitian ini adalah ABCD (Asset Based Community Development), keberadaan aset akan dikolabirasikan dengan harapan yang diinginkan santri yang merupakan subjek penelitian ini. Lokasi penelitian ini berlokasi di Pesantren Luhur Al-Husna Surabaya. Penggalian data dalam penelitian ini didapatkan dari observasi langsung, wawancara dan FGD bersama santri Pesantren Luhur Al-Husna Surabaya.Dalam menganalisis keberhasilan program yang telah dijalankan yaitu menggunakan analisis leaky bucket, dan teknik MSC (Most Significant Change). Dari penelitian pendampinagn yang telah dilakukan telah menghasilkan beberapa perubahan. Yaitu, kemampuan dalam mengolah limbah nasi, terciptanya kondisi lingkungan yang bersih dan terbentuknya kelompok peduli lingkungan pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Penghabehan, Ahmad Dhafidahmaddaped@gmail.comB92217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@yahoo.com2018057601
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan santri; pendampingan komunitas berbasis aset.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ahmad Dhafid
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:39
Last Modified: 14 Mar 2022 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52427

Actions (login required)

View Item View Item