Konsep moderasi dalam Alquran: aplikasi teori maqasid al-qur'an Ahmad al-Raisuni terhadap Term Wasat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Yurid Shifan A'lal (2022) Konsep moderasi dalam Alquran: aplikasi teori maqasid al-qur'an Ahmad al-Raisuni terhadap Term Wasat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yurid Shifan A'lal Firdaus_E03217050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di setiap periode waktu, manusia memiliki paradigma berbeda dalam memandang sesuatu. dunia telah terkotak pada dua kutub diametral esktrem, radikal dan liberal. Moderasi kemudian hadir sebagi jalan tengah yang berdiri di atas norma keadilan dan keseimbangan dalam pandangan, sikap, dan perilaku. Moderasi selalu menjadi solusi terbaik dalam meminimalisir konflik, menjaga kerukunan, dan membangun peradaban. Islam sebagai agama yang moderat menuliskan pesan teologis dalam Alquran perihal moderasi menggunakan bahasa wasatiyyah yang terepresentasi melalui kata wasata dan rangkaian derivasinya, yaitu wasatan, awsat, awsatuhum, wusta, dan wasatna. Melalui metodologi tafsir maqasidi kelima term wasat diteliti sehingga ditemukan konsep moderasi yang relevan dengan maqasid al-Qur’an. Teori maqasid al-Qur’an memiliki momentum akademiknya belakangan ini dan melalui salah satu tokoh maqasid kontemporer Ahmad al-Raisuni, penafsiran pada term wasat{ dilakukan melalui dua metode, pertama, menyimpulkan maqasid ayat berdasarkan interpretasi mufasir maqasidi. Kedua, menginduksi maqasid ayat dan mengukur relevansinya dengan maqasid umum Ahmad al-Raisuni. Ekstraksi maqasid al-Qur’an yang dirumuskan Ahmad al-Raisuni memang lebih mengedepankan hasil ijtihad para mufasir dan terikat dengan nuansa maqasid al-shari’ah. Meski demikian teori maqasid al-Qur’an Ahmad al-Raisuni tetap bisa menjadi perspektif alternatif dalam mengkonklusi gambaran secara konseptual moderasi dalam Alquran yang berorientasi pada aspek duniawi maupun ukhrawi, pijakan dalam membangun kehidupan sosial-keagamaan yang harmonis, dan upaya merealisasikan nilai-nilai keadilan dan kesetaraan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Yurid Shifan A'lalalyudaputra@gmail.comE03217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Mohmyardho@gmail.com2110068501
Subjects: Islam dan Humanisme
Pemikiran
Al Qur'an
Keywords: Moderasi; Maqasid al-Qur'an; Ahmad al-Raisuni.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: A'lal Firdaus
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:54
Last Modified: 14 Mar 2022 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52434

Actions (login required)

View Item View Item