Implementasi gaya kepemimpinan karismatik di Markas Besar Dagelan Santri Indonesia Tuban Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzayana, Siti (2021) Implementasi gaya kepemimpinan karismatik di Markas Besar Dagelan Santri Indonesia Tuban Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Muzayana_B94217065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana bentuk implementasi gaya kepemimpinan karismatik dan faktor yang menyebabkan timbulnya gaya kepemimpinan karismatik di markas besar Dagelan Santri Indonesia.Untuk mendeskripsikan kedua persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriftif digunakan untuk menggambarkan secara utuh dan meneliti secara mendalam mengenai bentuk implementasi gaya kepemimpinan karismatik dan faktor yang menyebabkan timbulnya gaya kepemimpinan karismatik di markas besar Dagelan Santri Indonesia. Kemudian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Implementasi gaya kepemimpinan karismatik di Dagelan Santri Indonesia adalah dengan mengoptimalkan kompetensi yang melekat pada diri pemimpin. Kompetensi tersebut digunakan untuk mengajak dan memberikan edukasi kepada anggotanya, dengan menyampaikan visi dan misi, mengkomunikasikan harapan, menjadi teladan dan memberdayakan pengikut. Upaya yang dilakukan tersebut menghasilkan pencapaian dan memunculkan kepercayaan serta kesetiaan dari anggota terhadap diri pemimpin. Kedua, pemimpin memiliki dua faktor sumber karisma yakni bentuk pertama meliputi faktor fisik, keturunan, dan perilaku dan faktor karisma yang kedua berasal dari kemampuan atau kompetensi yang dibentuk sendiri dalam diri pemimpin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzayana, Sitisitimuzayana812@gmail.comB94217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Kepemimpinan
Santri
Keywords: implementasi; gaya kepemimpinan karismatik.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muzayana Siti
Date Deposited: 16 Mar 2022 14:34
Last Modified: 16 Mar 2022 14:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52439

Actions (login required)

View Item View Item