Penelitian prototype desalinasi air laut menjadi air bersih studi kasus Desa Mengare Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irfan, Muhammad (2022) Penelitian prototype desalinasi air laut menjadi air bersih studi kasus Desa Mengare Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Irfan_H05217012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Air laut merupakan sumber air yang tidak terbatas, namun air laut memiliki kadar garam atau TDS (Total Dissolved Solid) yang sangat tinggi, sehingga diperlukan pengolahan terhadap air laut agar bisa digunakan sebagai sumber air bersih. Salah satu alternatif teknologi pengolahan air laut yang dapat digunakan dengan memanfaatkan energi matahari (renewable energy) adalah desalinasi surya (solar still) untuk memisahkan garam dan air bersih. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan dengan penggunaan bahan dan desain alat, penambahan alat berupa plat aluminium yang berfungsi sebagai penangkap radiasi matahari yang kemudian dipantulkan ke alat desalinasi agar proses desalinasi maksimal. Pada awal penelitian digunakan air laut dengan salinitas 28,3‰ untuk menentukan kondisi maksimum desalinasi digunakan beberapa variasi volume sampel yang dimasukkan 2.5L, 3L, 3.5L, 4L, 4.5L, 5L, 5.5L, 6L, 6.5 dan 7 L dari hasil penelitian didapatkan efisiensi terbesar alat desalinasi dengan menggunakan energi matahari dengan mempertimbangkan suhu dan volume air yang dimasukkan sebanyak 4 liter dengan debit air desalinasi yang keluar sebesar 3.6 liter maka didapatkan efisiensi alat desalinasi sebesar 90%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irfan, Muhammadirfanmr761@gmail.comH05217012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyowati, Rr Diah NugraheniUNSPECIFIED2001058202
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Prototype desalinasi; air laut; air bersih
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:09
Last Modified: 14 Mar 2022 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52447

Actions (login required)

View Item View Item