قيم الأخلاق لمجتمع درنة الليبي في تنمية العمل والمال انطباعا للسيرة النبوية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aljazi, Almahdi Fadhullah Baskari (2022) قيم الأخلاق لمجتمع درنة الليبي في تنمية العمل والمال انطباعا للسيرة النبوية. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Almahdi Fadhullah Baskari Aljazi - F42419347.pdf

Download (2MB)

Abstract

Subyek kajiannya adalah nilai-nilai moral masyarakat kota Libya Derna untuk mengembangkan pekerjaannya dan uang sebagai kesan refleksi dari biografi Nabi, yang merupakan sumber nilai dan cita-cita di bidang ekonomi Islam. Rumusan masalahnya adalah bagaimana nilai-nilai moral bagi masyarakat Libya Derna dalam perkembangan pekerjaan dan uang memberikan kesan terhadap biografi Nabi Shallallāhu 'alayhi wa as-sallām?Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif perpustakaan dan pendekatan kualitatif, serta dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dan membaca.Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa: Pertama: Aspek perkembangan uang dan karya dari biografi Nabi serta pengamalan nilai-nilai Nabi tersebut ada di: a) bekerja di penggembalaan domba di suku. b) Mengamalkan nilai-nilai mengembangkan pekerjaan dan uang dengan bekerja dalam perdagangan c) melalui bimbingannya dan memotivasi para sahabatnya untuk bekerja dan mendapatkan uang halal; d) dalam membuat peraturan perundang-undangan yang mengatur masyarakat dalam hal pekerjaan dan uang; e) dalam berorganisasi halal dan tabu; f) dalam praktek manajemen dalam berbagai aspek seperti kontrol dan pekerjaan. Kedua: Aspek nilai moral masyarakat Libya Derna dalam mengembangkan pekerjaan dan uang sebagai refleksi atau kesan dari biografi Nabi, yang terwakili dalam: a) Peran da'i dan da'i yang mengedepankan nilai-nilai melestarikan bekerja dan mendidik orang tentang pentingnya mengembangkan uang halal dan memperolehnya dari aspek yang sah. b) Peran proses pendidikan yang berbasis kurikulum dan berhubungan dengan perilaku dan biografi Nabi, Shallallāhu 'alayhi wa as-sallām, serta pendidikan dan pendidikan praktis untuk nilai-nilai tersebut dan menanamkan mereka pada mahasiswa. c) Melalui peran lembaga ekonomi seperti bank syariah yang menganut nilai jual sesuai syariah d) Melalui peran Yayasan Wakaf Kementerian Agama Libya yang berkepentingan dengan Wakaf Islam dan investasinya, serta melalui komponen ekonomi kota ini dalam hal wisata religi dan alam.Peneliti menyarankan untuk mengintensifkan upaya meneliti biografi Nabi dan mengekstrak darinya apa yang berguna dalam reformasi aspek sosial dan ekonomi individu, masyarakat dan bangsa, dan bekerja untuk menyebarkan nilai-nilai akhlak kenabian di masyarakat melalui pendidikan, pendidikan dan pengembangan berbagai program mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aljazi, Almahdi Fadhullah Baskaris2prodies@gmail.comF42419347
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Bank dan Perbankan
Keywords: Biografi nabi; Akhlak mulia.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Almahdi Fadhullah Baskari Aljazi
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:35
Last Modified: 15 Mar 2022 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52448

Actions (login required)

View Item View Item