Implementasi gemajuza dalam penanaman karakter siswa di SDN Pungging 1 dan SDI Nahrul Ulum Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Rokhmatul Yunita (2021) Implementasi gemajuza dalam penanaman karakter siswa di SDN Pungging 1 dan SDI Nahrul Ulum Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rokhmatul Yunita Aini_F02319080.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Menghafal Al-Qur’an bukanlah tugas yang mudah khususnya anak usia dini. Sebab, di sekolah dasar lebih mengunggulkan intelektual daripada ilmu agama. Program Gemajuza merupakan kegiatan gerakan menghafal Al-Qur'an (juz`amma atau juz 30) yang dibuat sesuai Surat Keputusan kepala dinas pendidikan Kabupaten Mojokerto Tahun 2019 tentang program GEMAJUZA (gerakan menghafal juz amma). Program Gemajuza sebagai salah satu program sekolah dasar sudah terlaksana oleh SD negeri maupun swasta yang ada di wilayah kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto sebagai alternative penanaman karakter siswa. Penelitian ini fokus pada SDN Pungging 1 dan SDI Nahrul Ulum. namun setiap lembaga tentunya memiliki strategi, metode, maupun media yang berbeda dalam menerapkannya. Dalam penelitian ini penulis merumuskan permasalahan dalam 4 hal, yaitu: 1)Bagaimana Pelaksanaan Gemajuza di SDN Pungging 1 Kabupaten Mojokerto. 2) Bagaimana Pelaksanaan Gemajuza di SDI Nahrul Ulum Kabupaten Mojokerto. 3) Bagaimana Implementasi Penanaman Karakter Siswa Melalui Program Gemajuza di SDN Pungging 1 Kabupaten Mojokerto 4) Bagaimana Implementasi Penanaman Karakter Siswa Melalui Program Gemajuza di SDI Nahrul Ulum Kabupaten Mojokerto. Penelitian bertujuan untuk menganalisis Implementasi Gemajuza (Gerakan Menghafal Juz Amma) Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah hasil pengamatan hafalan siswa dan karakter siswa yang mana data tersebut untuk dampak gemajuza. Hasil wawancara guru dan kepala sekolah untuk mengetahui pelaksanaan gemajuza dengan didukung dokumen yang terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa SDI Nahrul Ulum telah menerapkan hafalan Al-Qur’an mulai surah-surah pendek pada Juz Amma. Namun belum didokumentasikan terkait pengembangan nilai-nilai karakter. Sedangkan di SD Negeri Pungging 1 program gemajuza digunakan sebagai langkah sarana pengembangan diri, aktualisasi diri, dan pembinaan siswa untuk menemukan bakat dan minatnya. Hasil penanaman karakter melalui program Gemajuza di SDI Nahrul Ulum diantaranya: disiplin amat baik, mandiri baik, tanggung jawab baik, percaya diri baik, jujur baik, religious amat baik. Di SDN Pugging 1 penanaman karakter melalui program Gemajuza diantaranya; disiplin baik, mandiri baik, tanggung jawab baik, percaya diri baik, jujur amat baik, religious amat baik. Dapat disimpulkan bahwa dua lembaga pendidikan yang menjadi lokasi penelitian tersebut menerapkan program Gemajuza serta pembinaan karakter siswa. Meskipun memiliki potensi dan teknik yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Rokhmatul Yunitayunitaaini5@gmail.comF02319080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Gemajuza; penanaman karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rokhmatul Yunita Aini
Date Deposited: 15 Mar 2022 13:45
Last Modified: 15 Mar 2022 13:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52470

Actions (login required)

View Item View Item