Internalisasi nilai-nilai karakter peserta didik melalui program tahfidz al-Quran di SMA As-Sa’adah Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robikah, Safinatur (2021) Internalisasi nilai-nilai karakter peserta didik melalui program tahfidz al-Quran di SMA As-Sa’adah Bungah Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safinatur Robikah_F02319081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai tujuan membentuk manusia cerdas, serta menjadi insan kamil. Untuk mewujudkan insan kamil bukanlah hal mudah karena perlu adanya aktivitas yang dirasa mampu menumbuhkan karakter siswa. Menumbuhkan karakter bukan hanya memberi materi saja melainkan juga mampu merelisasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Tujuan utama pembelajaran tahfidz al-Qur’an ialah pembentukan kepribadian pada diri peserta didik yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupannya, maka pembelajaran tahfidz al-Qur’an tidak hanya menjadi tanggung jawab guru tahfidz melainkan dibutuhkan dukungan dari seluruh komunitas sekolah, masyarakat, terlebih orang tua karena al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat muslim yang harus kita baca dan amalkan. Di SMA As-Sa’adah telah tertanam berbagai macam karakter. Sehingga penelitian ini menjelaskan internalisasi karakter peserta didik melalui program tahfidz al-Qur’an di SMA As-Sa’adah Bungah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan study lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara, catatan lapangan dan studi dokumen. Dengan instrumen penelitian kepala sekolah, waka kurikulum, guru tahfidz dan juga peserta didik program tahfidz. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan pada peserta yakni karakter disiplin, tanggungjawab, iikhlas, sabar, peduli, jujur, dan bekerjakeras yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam menghafalkan al-Qur’an di SMA As-Sa’adah Bungah Gresik adalah dengan menggunakan metode muraja’ah, dan metode talaqqi. Internalisasi nilai-nilai karakter peserta didik di SMA As-Sa’adah Bungah Gresik melalui program tahfidz al-Quran yang lebih ditekankan pada karakter disiplin, jujur dan tanggungjawab dilakukan dengan penyampaian, pembiasaan, keteladanan, teguran, dan pemberian reaward (penghargaan) dan punishment (hukuman).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robikah, Safinatursafinaturrobikah@gmail.comF02319081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik; Program Tahfidz Al-Qur’an.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Safinatur Robikah
Date Deposited: 15 Mar 2022 15:38
Last Modified: 15 Mar 2022 15:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52471

Actions (login required)

View Item View Item