Kontribusi dan efektivitas pajak hotel, restoran dan BPHTB sebagai sumber pendapatan asli daerah Kabupaten Pasuruan tahun 2017-2019.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Ainur (2022) Kontribusi dan efektivitas pajak hotel, restoran dan BPHTB sebagai sumber pendapatan asli daerah Kabupaten Pasuruan tahun 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rohmah_G71217055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yakni mix method dimana pada penelitian ini menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk mengungkap dan menjelaskan informasi terkait dengan kontribusi dan efektivitas pajak. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dengan narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang pendataan, penetapan dan pelaporan, dan pengendalian, penagihan dan pengembangan Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan dan wajib pajak hotel, restoran dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan di Kabupaten Pasuruan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pajak hotel dan restoran berdasarkan rasio Kemendagri termasuk dalam kriteria sangat kurang dan setiap tahunnya mengalami kenaikan dan penurunan yang tidak signifikan. Sedangkan pada Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan kontribusinya termasuk dalam kriteria cukup baik sampai sangat kurang yang mana setiap tahunnya mengalami penurunan kontribusi. Pada pajak hotel dan restoran faktor utama yang menentukan kontribusinya adalah kunjungan wisatawan dan BPHTB cenderung sulit untuk melakukan analisa proyeksinya karena bergantung pada besar kecilnya jumlah transaksi peralihan hak tanah dan bangunan. Tingkat efektivitas pada ketiga pajak tersebut berdasarkan hasil penelitian yakni rasio efektivitas pada pajak hotel dan restoran termasuk dalam kriteria sangat efektif dan memenuhi target. Sedangkan BPHTB memiliki kriteria sangat efektif sampai tidak efektif. Adapun upaya yang dilakukan untuk mencapai tingkat efektivitas yakni melakukan strategi intensifikasi dan ekstensifikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Ainurrohmahainur397@gmail.comG71217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id19810662009012008
Subjects: Ekonomi
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Kontribusi; Efektivitas; Pajak hotel; Restoran dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan; Pendapatan Asli Daerah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ainur Rohmah
Date Deposited: 22 Mar 2022 06:13
Last Modified: 22 Mar 2022 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52512

Actions (login required)

View Item View Item